PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: March 20, 2014 / comment : 0

    Rendang Padang (https://deresep.com)

    Dari Medan, kita terbang ke Sumatera Barat, dengan ibukotanya Padang, dikenal dengan masakan Padang, yaitu Rendang, yang sangat lezat cita rasanya, telah membumi di tanah Nusantara ini dan rumah Gadangnya (baca Rumah Adat Sumatera Barat).

    Seperti di Kota Medan, di Sumatera Barat ini merupakan surga untuk berwisata belanja, keseruan dalam berbelanja adalah proses menawar barang. Saat bisa menggunakan bahasa setempat Anda memiliki ‘kesempatan’ untuk mendapatkan harga lebih murah. Yah Bahasa Minang menjadi bahasa yang memberikan posisi anda ‘dekat’ dengan penjual. Karena semua penjual menggunakan bahasa daerah (baca: bahasa Minang). Namun yang jelas, itu hanya salah satu cara mendapatkan harga murah. Kemampuan negosiasi tetap menjadi nilai penting. Kalau tidak yakin ya bisa pindah ke tempat lain sampai Anda merasakan kesesuaian.

    Sahabat GPS Wisata Indonesia, menyusun kembali tempat-tempat Wisata Belanja di Sumatera Barat dari berbagai sumber, sangat merugi bilamana anda sudah di Kota Padang tidak membawa oleh-oleh maupun sovenir dari sini. Ada beberapa tempat jangan anda lewatkan yaitu :

    1. Pasar Raya Padang

    Pasar Raya Padang (https://www.indonesiawonder.com)

    Pasar Raya berlokasi di Kelurahan Kampung Jao, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat, merupakan ikon pasar tradisional. Seperti halnya di Yogyakarta ada Pasar Beringharjo, di Solo berdiri Pasar Klewer, dan di Jakarta terdapat Pasar Tanah Abang.

    Beragam barang bisa anda dapatkan di Pasar Raya Padang, termasuk oleh-oleh khas Minang. Kios pakaian menjadi pemandangan paling dominan di pasar ini. Selain itu, di Pasar Raya Padang juga tersedia berbagai barang lainnya, mulai barang elektronik, makanan, perhiasan, peralatan rumah tangga, ikan, hingga bumbu dapur.

    2. Pasar Aur Kuning Bukittinggi

    Pasar Aur Kuning Bukittinggi (https://www.indonesia.travel)

    Pasar Aur Kuning Bukittinggi, jaraknya sekitar 90 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari ibukota Sumatera Barat, Kota Padang. Pasar Aur Kuning berdiri di lahan seluas 2,3 hektar, terdapat 1.470 toko, 4.390 los, dan sekitar 1.500 pedagang kaki lima (PKL).

    Aneka busana muslim, pakaian kasual, mukena, karpet, seprai, hingga tirai jendela ditawarkan dengan harga relatif murah. Sebagian barang yang ditawarkan berasal dari beberapa daerah di Sumatera Barat, seperti Agam dan Padang Pariaman. Sebagian lain didatangkan dari Jawa.

    Hari pakan atau pasaran di Pasar Aur Kuning berlangsung pada Rabu dan Sabtu. Pasokan barang, bahkan pembeli dari luar daerah, biasanya sudah datang sejak Jumat.

    Pasar Aur Kuning Bukittinggi (https://www.newshanter.com/)

    Selain Pasar Aur Kuning, Bukittinggi juga memiliki Pasar Atas dan Pasar Bawah. Pasar Atas berdekatan dengan Jam Gadang dan cenderung lebih diakrabi wisatawan. Adapun Pasar Bawah yang letaknya terpisah menjual bahan pokok, termasuk sayur-sayuran.

    Jarak dari Pasar Atas ke Pasar Aur Kuning hanya sekitar 3 kilometer. Namun, perbedaan harga di antara keduanya cukup mencolok, juga tingkat keramaian dan kesibukannya.

    Pembeli datang dari sejumlah daerah, di antaranya Sumatera bagian tengah hingga utara. Bahkan ada pembeli dari Malaysia, Singapura, dan Brunei.

    3. Nagari Pasia Agam

    Nagari Pasia terletak di Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam. Provinsi Sumatera Barat, tidak jauh dari Pasar Aur Kuning.

    Sekitar 350 keluarga menjadikan usaha konveksi sebagai sumber pendapatan. Sebagian produksinya dipasarkan ke Pasar Aur Kuning.

    4. Desa Pandai Sikek Tanah Datar

    Desa ini merupakan pusat kerajinan songket dan ukiran kayu. Desa ini menghasilkan tenunan Songket yang merupakan salah satu tenunan terbaik di Indonesia. Tenunan Songket adalah kain tradisional Minangkabau yang biasanya digunakan sebagai pakaian adat yang dipakai pada acara-acara tradisional. Pandai Sikek, nagari di kaki Gunung Singgalang yang terletak tak jauh setelah Kota Padang Panjang menuju Bukittinggi.

    5. Desa Silungkang

    Desa Silungkang termasuk ke dalam wilayah Silungkang, kota Sawahlunto provinsi Sumatra Barat. Jika anda berbergian melewati daerah ini, berhenti sejenak untuk melihat-lihat hasil kerajinan yang dapat dibeli dan dijadikan buah tangan untuk sanak keluarga. Kios-kios ini khusus menjual kerajinan hasil anak desa setempat.

    Selamat berbelanja.

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says