PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: March 05, 2014 / comment : 0

    Desa Wisata Arborek, Raja Ampat, Papua Barat

    Desa Wisata Arborek berada di kawasan Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Kawasan kepulauan ini berada tidak jauh dari lokasi kepala burung Pulau Papua tepatnya kota Sorong. Maka dari itu, untuk anda yang ingin menuju kawasan Raja Ampat, lokasi awal anda sebelum menyebrang menikmati indahnya surga wisata adalah melalui Kota Sorong yakni dimulai dari Pelabuhan Perikanan Sorong.

    Desa Arborek di Pulau Arborek Raja Ampat dengan luas 6 hektar, dengan penduduknya 40 Kepala Keluarga. Desa Arborek sebagai pelopor di antara 18 desa yang indah di Papua Barat yang telah pengembangan untuk konvervasi kekayaan laut berbasis masyarakat. Dikenal sebagai Desa Wisata Arborek atau Kampung wisata Arborek, desa ini mendapatkan reputasi yang luar biasa di antara kalangan lokal dan masyarakat Internasional.

    Desa Wisata atau Kampung Wisata Arborek (https://perijalanjalan.blogspot.com)

    Desa Arborek memiliki keunikkan karena daratan perdesaan ini di tutupi oleh pasir putih yang halus, sehingga akan terasa sangat nyaman untuk berjalan kaki sembari melepas alas kaki anda. Belum lagi penataan desa yang sangat teratur dan cantik dimana diantara setiap rumah di pisahkan oleh pepohonan kelapa yang menjulang tinggi.

    Anda akan melihat ponsel yang digantung di pohon, hal ini bertujuan untuk memudahkan sinyal agar dapat tertangkap di ponsel tersebut, berhubung Desa Wisata Arborek ini tergolong sulit untuk mencari sinyal ponsel.

    Potensi Kerajinan Tangan

    Ibu-ibu sedang membuat kerajinan tangan (https://www.indonesia.travel)

    Pengunjung juga bisa menyaksikan kecakapan Penduduk Arborek dalam membuat kerajinan topi (Kaya Fyof), topi gelombang yang mirip seperti Topi Sombrero dari Meksiko dan tas tali (Noken) khas Papua yang terbuat dari kulit kayu pohon ketapang. Tidak seperti kebanyakan wanita di desa-desa lain yang juga membantu suami mereka yang bekerja sebagai nelayan, hampir semua ibu di desa ini memproduksi kerajinan sebagai pekerjaan harian mereka. Umumnya, kerajinan ini dibeli oleh pengunjung turis asing usai singgah sebagai souvenir atau oleh-oleh khas dari Arborek.

    Tas ini pun hanya boleh di buat oleh kaum wanita karena noken sendiri memiliki makna khusus dan melambangkan rahim. Masih ada pula beragam kerajinan khas lainnya yang dijual tidak begitu mahal, sehingga sangat sayang untuk di lewatkan khususnya bagi anda pecinta barang-barang etnik.

    Potensi Wisata Bahari

    Ikan Pari (https://arborek.com)

    Bagaimana tidak, keindahan alamnya saja sudah bisa di nikmati baik di atas permukaan maupun di bawah permukaan laut. Untuk keindahan dasar lautnya, memang sudah tidak diragukan lagi dimana kawasan Raja Ampat yang sudah dikenal sebagai surganya para penyelam. Untuk snorkeling, anda cukup menuju Dermaga Arborek, kemudian anda bisa langsung melihat keindahan alam bawah lautnya, dan dengan mudah menemukan koral Gorgonia yang berkilauan tepat di bawah permukaan air.

    Dibawah laut yenbuba | ©MayangPurwanto

    Dapat juga diving atau menyelam, tidak perlu mencari lokasi yang terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 10 menit saja dari dermaga menggunakkan perahu motor atau yang lebih akrab di sebut katinting oleh masyarakat setempat.

    Dibawah laut yenbuba | ©MayangPurwanto

    Ada banyak biota laut yang bisa anda temukan, mulai dari beragam jenis karang, ikan pari, ikan dugong (duyung), hiu karang, beragam jenis ikan hias yang berwarna warni, sampai ke ikan barakuda yang tidak begitu bahaya jika mereka berkelompok. Untuk menikmati keragaman biota laut ini pun bisa anda lihat dari atas permukaan laut karena warna air yang sangat jernih dengan sedikit biru kehijauan. Benar-benar mempesona.

    Penginapan (Homestay)

    Untuk transportasi ke pulau Arborek sangat mudah. Letak Pulau Arborek hanya berjarak satu setengah jam dari Waisai, ibu kota Raja Ampat. Jika ingin berlama-lama atau menginap, homestay Arborek bisa menjadi pilihan. Untuk alternatif lain, ada juga beberapa resort atau penginapan minimal Rp. 500.000.-/malam yang berada di pulau-pulau lain yang berdekatan dengan Arborek. Setiap saat desa Arborek selalu siap menunggu pengunjung dari seluruh dunia, jadi datanglah.

    Route Perjalanan

    Begitupun untuk anda yang berasal dari luar Papua, anda akan tiba di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) di Sorong kemudian lanjut ke pelabuhan untuk mencari kapal ataupun boat menuju Raja Ampat.

    Nah, jika sudah di pelabuhan, anda bisa menggunakan kapal ataupun boat menuju Waisai, ibu kota Raja Ampat terlebih dahulu, atau anda bisa langsung menuju Desa Wisata Arborek. Jika dari Pelabuhan Perikanan Sorong langsung menuju Desa Wisata Arborek, maka perjalanan anda akan menempuh waktu sekitar 5 jam menggunakkan perahu milik Pemda.

    Sedangkan jika dari pelabuhan menuju Waisai, maka perjalanan hanya sekitar 2 jam dengan boat, kemudian dari Waisai menuju Desa Wisata Arborek adalah sekitar 1 hingga 2 jam perjalanan menggunakkan perahu panjang. Sedangkan untuk transportasi perjalanan anda di Desa Wisata Arborek, anda tidak perlu bingung, anda bisa menyewa perahu milik penduduk setempat untuk berkeliling desa di kawasan laut, sedangkan untuk perjalanan di darat, anda tidak memerlukan kendaraan karena luas desa yang tidak begitu besar.

    Tips

    1. Walaupun sudah berupa desa wisata, anda masih belum bisa menemukan warung makan ataupun restoran di Desa Wisata Arborek. Jadi, solusinya adalah, anda memasak di sini. Untuk bahan-bahannya, bisa anda beli di Waisai atau saat anda berada di Sorong.
    2. Bawa pula peralatan snorkeling ataupun diving jika anda berniat untuk mengeksplorasi keindahan alam bawah lautnya. Hal ini dikarenakan tidak ada penyewaan alat-alat yang mendukung aktivitas tersebut di kawasan desa ini. 
    3. Selain membeli barang-barang kerajinan khas Papua, anda juga bisa belajar cara-cara membuat hasil kerajinan tersebut. Selain berwisata dan menikmati alam, anda juga bisa mendapatkan pengetahuan baru seputar kesenian. 
    4. Untuk menambah kenyamanan anda dalam berwisata, cobalah untuk mengakrabkan diri anda dengan penduduk sekitar. Dengan begitu, anda bisa mendapat teman baru serta lebih leluasa untuk berwisata di Desa Wisata Arborek. 
    5. Bawalah uang tunai extra secukupnya, biaya transportasi mahal. 
    6. Obat Nyamuk dan Obat Anti Malaria
    7. Untuk melancong ke Raja Ampat, waktu paling ideal adalah bulan September-Mei meskipun cuaca panas. 
    Informasi lebih lanjut hubungi

    Desa Wisata Arborek 
    Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat 
    Website: http://arborek.com/
    Email: info@arborek.com 

    Atau 

    Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat 
    Distrik Selatan kota Waisai Waisai, Papua Barat 
    Tel. / Fax: +62 411 402650
    Email : info@gorajaampat.com, klasina_rumbekwan@yahoo.com dan
    cozykurniawan@gmail.com 

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says