PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: March 05, 2014 / comment : 0


    Batik Petani merupakan batik yang dibuat sebagai selingan kegiatan ibu rumah tangga di rumah ketika tidak pergi ke sawah atau saat waktu senggang. Batik Petani disebut juga Batik Pedesaan atau batik pangan yaitu batik yang biasa digunakan oleh kaum petani dimana pola-polanya tetap bersumber dari Kraton yang kemudian digubah dengan ragam hias yang berasal dari alam sekitar, flora dan fauna, gambaran aktivitas sehari-hari dan bertani.

    Batik Petani 

    Sumber: https://realpolitiksonline.blogspot.com

    Sumber: batikindonesia.com

    Biasanya batik ini kasar dan tidak halus. Motif untuk Batik Petani beragam merupakan tradisi yang turun temurun sesuai daerah masing-masing. Biasanya sederhana karena pembuatnya tidak secara khusus terampil atau memproduksi batik. Batik ini dikerjakan secara sambilan sehingga tidak profesional. Pewarnaannya pun hanya dipasrahkan kepada saudagar yang menjual bahan pewarna. Jenis batik ini adalah salah satu pembuatan batik yang kurang kreatif. Ini karena pembuatnya adalah mayoritas perempuan petani yang tidak memiliki keterampilan khusus untuk membatik dan membatik bukan mata pencaharian hidup mereka.

    Batik Petani 

    Sumber: https://ragambudayaid.blogspot.com

    Sumber: https://www.batiknulaba.com

    Batik Petani cukup dikenal di Klaten, Bantul, Imogiri, Tuban, Tulungagung, hingga juga Indramayu. Batik petani pun berkembang sejalan perkembangan zaman. Bersumber dari pola-pola batik keraton,lahir pola-pola baru pada wastra batik petani dengan stilasi ragam hias bentuk alam. Sebagai contohnya adalah tumbuhan, buah, serangga, burung-burung kecil dan lain-lain, misalnya pola Buketan. Nyaris di semua daerah di Jawa muncul aktivitas produksi batik petani, yang berkembang di daerah pesisir adalah yang paling banyak mendapat pengaruh dari dunia luar. Produknya lantas kita kenal sebagai wastra batik gaya pesisiran.

    Batik Petani 

    Sumber: https://rakaziz.blogspot.com

    Sumber: https://sgcloth.com

    Sahabat Fitinline bisa menjadikan Batik Petani sebagai salah satu koleksi batik anda.

    Semoga bermanfaat.

    Sumber: Fitinline

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says