PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: March 13, 2014 / comment : 0

    Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat

    Keberadaan Kebun Raya Kuningan yang berlokasi di kaki Gunung Ciremai, Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, selain diproyeksikan sebagai tempat tujuan wisata alam dan tempat observasi lingkungan, juga secara makro diharapkan dapat memberikan sumbangan besar terhadap ketersediaan udara bersih di bumi. Berdampingan dengan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi dan membentuk bentang alam perbukitan yang indah.


    Potensi wisata alam andalan Kabupaten Kuningan Jabar sedang sedang naik daun dibeberapa tahun terakhir ini, tercatat sampai dengan tahun 2003, obyek wisata yang memanfaatkan alam dan telah dikembangkan ada 14 buah dan dikelola oleh berbagai lembaga. Memangnya ada kelebihan apa dengan potensi wisata alam di tempat ini? Begitu pasti pertanyaan yang terbesit di kepala Anda. Ternyata, di Kabupaten Kuningan akan dibangun sebuah kebun raya, Kebun Raya Kuningan.


    Kebun Raya Kuningan merupakan aspirasi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan dan diharapkan menjadi pendukung bagi fungsi Kabupaten Kuningan sebagai daerah penyangga pusat pengembangan wilayah Cirebon, pada lintasan jalan regional yang menghubungkan kota Cirebon dengan wilayah Priangan Timur dan sebagai jalan alternatif jalur tengah yang menghubungkan Bandung-Majalengka dengan Jawa Tengah yang memiliki perhatian tinggi terhadap pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan. Pembangunannya diawali dengan penyusunan masterplan pembangunan KR Kuningan yang merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Kuningan dengan Departemen PU, LIPI, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor serta komponen pemerintah pusat dan masyarakat lainnya. Perkembangan infrastruktur hingga akhir Desember 2012 di KR Kuningan diantaranya telah tersedia : Kantor pengelola, jalan lingkungan, pembibitan, tempat parkir, embung, tanggul Situ Cibuntu.


    Dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 172 ha, dan bertemakan koleksi tumbuhan daerah berbatu dan Gunung Ceremai, Kebun Raya Kuningan berperan sebagai “site’s window” dari Taman Nasional Gunung Ceremai, wisata alam untuk perlindungan, meminimalisasi dampak negatif degradasi sumber daya alam, pengembangan produk pariwisata yang berorientasi pada nilai edukasi, membentuk peran aktif masyarakat dalam memberikan nilai tambah terhadap pembangunan ekonomi wilayah. Dalam perkembangan selanjutnya area Kebun Raya Kuningan akan dibagi menjadi beberapa sub-zone diantaranya area konservasi untuk tumbuhan lokal, buah-buahan, area konservasi untuk tumbuhan koleksi Indonesia khususnya Jawa, area konservasi untuk tumbuhan koleksi dunia serta taman tematik (taman awi dan taman tumbuhan bebatuan). Jumlah koleksi tertanam hingga akhir Desember 2012 sebanyak 199 jenis, 8.540 spesimen dengan jumlah tanaman di pembibitan sebanyak 345 jenis, 16.937 spesimen.


    Informasi lebih lanjut hubungi

    Peta Lokasi Kebun Raya Kuningan

    Kebun Raya Kuningan Jawa Barat 
    Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kuningan
    Jalan Perjuangan No. 66, Ancaran - Kuningan 45551
    Telp/Fax: (62) 232 872 584

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says