PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: December 01, 2014 / comment : 0


    Masjid bagi umat Islam adalah tempat ibadah yang wajib dijaga dan dipertahankan. Seni arsitektur setiap masjid pun memiliki ciri khas tersendiri, arsitektur masjid tersebut tergantung peradaban Islam di kala itu.

    Tak jarang masjid-masjid di Indonesia, berbentuk menyerupai candi atau klenteng. Seni arsitektur masjid juga dipengaruhi oleh bahan baku yang tersedia saat itu, yaitu batu, bata, atau tanah liat.

    Masjid As-Syakirin

    Masjid As-Syakirin (https://kebudayaanindonesia.net)

    Masjid As-Syakirin memiliki letak di antara permukiman penduduk. Secara adminstratif terletak di Jalan Raya Deli Tua, Kampung Deli Tua, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Belum banyak informasi yang didapat mengenai sejarah masjid ini. Akan tetapi, berdasarkan penuturan masyarakat setempat masjid ini dibangun sekitar tahun 1819 dan merupakan bagian dari peninggalan Sultan Deli. Perawatan dan pengelolaan masjid dilakukan oleh keturunan Sultan Deli dan masyarakat sekitar masjid.

    Pada tahun 1992, masyarakat melakukan swadaya untuk melakukan pemugaran masjid. Bangunannya memiliki luas 20 x 22 meter dengan denah persegi panjang. Pintu masuk masjid berada di sebelah selatan. Sekitar masjid terdapat halaman yang sekelilingnya dipagar besi. Selain halaman, Masjid as-Syakirin juga memiliki serambi, ruang utama untuk sholat, menara, dan tempat wudhu.

    Masjid Raya Al Osmani

    Masjid Raya Al Osmani (https://id.wikipedia.org)

    Masjid Raya Al Osmani terletak di Jl. Yos Sudarso Km 17,5, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan. Keberadaan Mesjid Raya Al Osmani tidak dapat dipisahkan dari eksistensi Kesultanan Deli yang masih bertahan sampai sekarang. Masjid Al Osmani juga disebut Masjid Raya Labuhan ini dibangun pada tahun 1854. Pembangunan masjid ini digagas oleh Sultan Deli VII Osman Perkasa Alam, seorang Sultan yang sangat dihormati oleh rakyatnya pada masanya.

    Bangunan masjid ini pada awalnya terbuat dari kayu berkualitas. Hal ini tertuang di dalam prasasti berwarna hitam yang melekat di dinding masjid. Tertulis bahwa pada waktu pembangunannya menggunakan kayu-kayu pilihan yang terbaik. Namun sayangnya, tidak dituliskna jenis kayu apa yang dipergunakan.

    Masjid Raya Al Osmani (https://www.pemkomedan.go.id)

    Tepat di depan masjid ini dahulu istana Kesultanan Deli pertama dibangun, untuk memudahkan Sultan menuju ke masjid untuk beribadah. Sultan hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk mencapai masjid tersebut. Namun, bekas-bekas kemegahan istana tersebut saat ini sudah rata dengan tanah, dan berganti menjadi bangunan sekolah dasar. Sementara halaman belakang masjid tersebut merupakan tempat pemakaman Sultan Osman Perkasa Alam yang telah wafat pada tahun 1858.

    Pada saat pembangunannya pertama kali, bangunan masjid Al Osmani hanya berukuran 16 x 16 meter dengan material utama kayu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Dahulu, masjid ini difungsikan sebagai tempat sultan melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya. Namun seiring dengan perkembangan waktu dan perubahan zaman, masjid ini pun mengalami transformasi, sampai pemugaran besar-besaran dalam beberapa tahap dan pada beberapa masa yang berbeda-beda.

    Masjid Raya Rantau Panjang (*)


    Masjid Raya Sultan Basyaruddin atau dikenal dengan sebutan Masjid Raya Rantau Panjang terletak di Desa Rantau Panjang Kecamatan Pantai Labu. Bangun masjid layak menjadi situs sejarah, dibangun pada tahun 1854 M oleh Sultan Serdang ke IV, Sultan Basyaruddin Syaiful Alamsyah yang merupakan kewaziran Sultan Aceh.

    Masjid Raya Nur Addin (*)

    Masjid Nur Addin Tebing Tinggi (https://www.raon-raon.com)

    Masjid Raya Tebing Tinggi yang kini sudah berganti nama menjadi Masjid Nur Addin adalah masjid tertua di Kota Tebingtinggi. Masjid ini terletak di jantung kota, tepatnya di Jalan Suprapto Kota Tebingtinggi. Masjid Raya Nur Addin ini sehari-hari dipakai untuk beribadah umat muslim di Kota Tebingtinggi dan kegiatan syiar-syiar agama Islam.

    Masjid Raya ini berdiri sekitar 1861 yang didirikan Raja Negeri Padang (Tebingtinggi) Tengku Haji Muhammad Nurdin dan juga sekaligus beliaulah sang pendiri Kota Tebingtinggi. Beliau meninggal pada 1914 dan lahir di tanah Tebingtinggi yang dulunya kerajaan Padang sekitar tahun 1836.

    Masjid Jamik Ismailiyah

    Masjid Jami' Ismailiyah (https://www.flickr.com)

    Masjid Jami' Ismailiyah terletak di Desa Beringin, Kecamatan Bedagai, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Sebelah utara masjid berbatasan dengan Sungai Bedagai dan rumah penduduk, sebelah timur dengan jalan besar, sebelah selatan dengan kebun rakyat serta bekas kerajaan Negeri Bedagai, dan sebelah barat dengan kebun rakyat. Adapun bekas kerajaan yang masih terlihat adalah struktur bata merah serta tanah lapang yang luas. Masjid yang merupakan masjid kerajaan ini berdiri di atas lantai bata yang ditata rapi, luas tanah sekitar 900m2, dan dibangun dua lantai dengan pagar tembok dan besi di sekililingnya.

    Kepemilikan dan pengelolan masjid diatur oleh keturunan Sultan Bedagai, dimana sampai saat ini fisik dan fungsinya masih terjaga. Menurut ahli waris Sultan Bedagai, masjid dibangun pada tahun 1882. Pemugaran dilakukan pada tahun 1937, yakni penggantian atap yang semula dari genteng menjadi seng, meninggikan posisinya melebihi bangunan istana yang masih berdiri pada waktu itu, dan kubahnya diganti dengan yang lebih besar. Kemudian pada tahun 1982 dilakukan pemugaran kedua dengan mengganti lantai bagian dalam masjid dari tegel menjadi keramik dan dilakukan pembangunan menara. Bentuk asli masjid masih terlihat pada pagar tembok yang bergelombang di bagian atasnya dan memiliki dua tiang sebagai penyangga atap. Bangunan masjid ini terdiri dari serambi, ruang utama, menara, tempat wudhu, dan makam.

    Masjid Raya Sultan Ahmadsyah

    Masjid Raya Sultan Ahmadsyah (https://simbi.kemenag.go.id)

    Bangunan Masjid Raya Sultan Ahmadsyah merupakan salah satu masjid tertua di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara. Masjid itu dibangun pada tahun 1886 di lahan seluas 1 hektare milik Kesultanan Melayu Asahan.

    Masjid Raya Bandar Khalifah

    Masjid Raya Bandar Khalifah  (https://kebudayaanindonesia.net)

    Masjid Raya Bandar Khalifah terletak di pinggir Jalan Bandar Khalifah dan secara administratif masuk ke dalam Desa Gelam, Kecamatan Banda, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Masjid ini berdiri di antara permukiman penduduk yang mayoritas bermata pencaharian petani. Berdasarkan informasi dari masyarakat, masjid dibangun sekitar tahun 1890 oleh Tengku Haji Nurdin yang bergelar Maharaja Muda Wazir Negeri Deli. Gelar tersebut merupakan pemberian Sultan Deli, dimana Tengku Haji Nurdin merupakan generasi kedelapan dari kerajaan Negeri Padang yang berpusat di Bandar Khalifah.

    Masjid Lama Gang Bengkok

    Masjid Lama Gang Bengkok (https://www.pemkomedan.go.id)

    Masjid Lama gang Bengkok Medan yang sudah berdiri dari tahun 1890-an, berada di Jalan Mesjid kelurahan Kesawan, Medan Kota. Lokasi ini masih di seputaran pusat bisnis Kota Medan di masa lalu, yaitu kawasan Kesawan (saat ini Jalan Ahmad Yani). Mungkin anda bingung kenapa nama masjidnya seperti itu, tidak ada kesan nama-nama arab, seperti masjid lainnya. Dinamakan Masjid Lama Gang Bengkok karena, dulu di depan masjid ini ada sebuah gang yang memang bengkok bentuknya.


    Masjid Raya Sulaimaniyah (https://bujangmasjid.blogspot.com)

    Masjid Raya Sulaimaniyah terletak di Desa/Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, dari arah Medan menuju Tebing Tinggi akan melewati masjid ini, demikian juga sebaliknya.

    Masjid Raya Sulaimaniyah didirikan oleh Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah pada tahun 1894 seiring dengan dipindahkannya ibukota kesultanan Serdang dari Rantau Panjang (sekarang berada di Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang) ke Istana kota Galuh Perbaungan (dulu Serdang). Nama masjid ini sendiri dinisbatkan kepada Sultan Sulaiman, yang membangunnya. Selain di Kota Galuh Perbaungan, Sultan Sulaiman juga membangun masjid dengan nama yang sama di Pantai Cermin pada tahun 1901 dan sama sama masih eksis hingga kini. 

    Masjid Sulaimaniyah

    Masjid Sulaimaniyah (https://www.kerajaannusantara.com)

    Masjid Sulaimaniyah yang terletak di desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Berdagai, Sumatera Utara, didirikan oleh Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah pada tahun 1901.

    Masjid Azizi

    Masjid Azizi (https://id.wikipedia.org)

    Pada awalnya, pembangunan Masjid Azizi dilaksanakan atas saran Syekh Abdul Wahab Babussalam pada masa pemerintahan Sultan Langkat Haji Musa, yakni pada tahun 1899. Akan tetapi, Haji Musa meninggal pada saat masjid masih dalam proses pembangunan. Sehingga pembangunan masjid dilanjutkan oleh puteranya, Sultan Abdul Azizi Abdul Jalil Rahmad Syah. Oleh karena itu, nama ‘Azizi’ berasal dari nama putera Sultan Haji Musa yang menyelesaikan pembangunan masjid pada tahun 1902.


    Masjid Raya Al-Mashun (https://khafidathari.wordpress.com)

    Masjid Raya Al-Mashun dibangun tahun 1906 oleh Sultan Ma'moen Al Rasyid Perkasa Alam. Masjid yang merupakan satu ikon pariwisata Kota Medan ini sangat indah dengan arsitektur khas yang bergaya Timur Tengah, India dan Spanyol.

    (*) Tambahan

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says