PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: May 18, 2014 / comment : 0

    Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia sekaligus danau caldera gunung api super besar atau yang biasa dikenal dengan sebutan supervolcano terbesar di dunia. Danau Toba membentang dengan panjang 100 kilometer dan lebar mencapai 30 kilometer. Danau Tobaterbentuk setelah sebuah letusan super dahsyat terjadi pada sekitar 77.000 tahun yang lalu. Gunung Toba tercatat memuntahkan energi sebesar 8 VEI. VEI adalah satuan yang digunakan untuk mengukur tenaga yang dilepaskan sebuah gunung saat erupsi dengan jangkauan skala 1 – 9. Dengan demikian letusan Gunung Toba pada waktu itu membuat letusanGunung Krakatau yang berkekuatan setara 150 megaton TNT, menjadi hanya seperti batu kecil saja, dan juga kedahsyatan bom atom di Hiroshima dan Nagasakihanya memiliki kekuatan 0,015 megaton TNTsaja. Jadi letusan dari Gunung Toba memang belum ada tandingannya.

    Danau Toba. Sumber : www.kukejar.com
    Kehebatan letusan tersebut membuat bumi hampir saja mengalami kepunahan. Para ahli mencatat letusan Gunung Toba hanya menyisakan sekitar 5000 manusia saja yang selamat pada waktu itu. Pada tahun tersebut jumlah manusia tidak sebanyak saat ini. Letusan Gunung Toba membuat iklim dan cuaca di bumi berubah seketika. Tanaman – tanaman tidak dapat berfotosintesis karena debu vulkanik yang diluncurkan Gunung Toba mecapai lapisan Stratosfer dan membuat bumi tidak disinari matahari selama waktu yang lama. Letusan inilah yang tercatat sebagai letusan paling dahsyat selama kurun waktu 2 juta tahun. Kekuatan dan kehebatan letusan Gunung Toba tersebut, kemudian menciptakan sebuah danau yang begitu indah, yaitu Danau Toba.

    Gimana? Indah kan? Sumber : www.indonesiahebat.org

    Keindahan Danau Toba sudah terkenal hingga ke manca negara. Dorongan magma terhadap lapisan diatasnya kemudian membentuk sebuah pulau yang menjadi sejarah asal mula suku Batak, yaitu Pulau Samosir. Pemandangan di danau ini sangat luar biasa indahnya. Anda dapat menikmati sejuknya udara, menaiki perahu menuju Pulau Samosir, atau menikmati keindahan jajaran bibir kaldera yang menelilingi kompleks Toba. Kini karena keindahannya Danau Toba sudah menjadi salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan Indonesia dan dunia.Danau Toba cukup mudah diakses baik melalui jalur darat maupun udara. Jika anda berminat untuk berwisata ke danau ini, anda dapat mengambil penerbangan domestik menuju Bandara Polonia, kemudian dapat dilanjutkan dengan kendaraan sewaan, transportasi umum, atau menggunakan jasa agen travel yang ada disana.

    Demikianlah sedikit informasi yang dapat penulis berikan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda para wisatawan yang sedang berburu tempat wisata indah dan asri ataupun bagi anda yang sedang ingin berwisata ke Pulau Sumatra, jangan sampai anda melewatkan tempat wisata Danau Toba ini.

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says