PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: December 26, 2014 / comment : 0


    Kampung Budaya Gabus terletak di Desa Gabus, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Gabus sebagai kampung kantung kesenian di bagian selatan Kota Pati diharapkan dapat menjadi ruang alternatif baru sebagai kantung kesenian di wilayah Pesisir yang kadang terpinggirkan oleh pusat pusat budaya arus besar.

    Upaya membentuk kawasan yang menjadi kantung budaya, seperti yang dilakukan pengiat kesenian di Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, membutuhkan sebuah proses. Itu pula yang coba diletupkan melalui pagelaran Festival Pasar Gabus.


    Pagelaran yang dilangsungkan pada 9 Oktober dan 10 Oktober 2010 di Desa Gabus, Kecamatan Gabus, Pati, Jawa Tengah itu mendapatkan wadah dengan masa hajatan kaum agraris di Tanah Jawa yang biasa disebut Sedekah Bumi. Ekspresi rasa syukur masyarakat desa atas hasil panen dan hasil kerja selama setahun, serta lantunan doa dan harapan akan hari esok yang lebih baik. Kegiatan Sedekah Bumi yang biasa dilakukan di setiap bulan Apit pada penanggalan Jawa.

    Kemudian masyarakat Desa Gabus mendirikan Paguyuban Sedulur Asih di Gabus pada hari Sabtu tanggal 19 Mei 2012 oleh warga Gabus yang memiliki pandangan yang sama untuk memajukan Desa Gabus melalui pendekatan budaya.

    Adapun kelompok penggiat seni budaya yang ada di Desa Gabus antara lain :

    Wisata Musik

    Gagego Musik Kampung


    Keroncong Pesona Gambuse


    Wisata Seni Budaya 

    Teater Gong 


    Sanggar Tari Widyas Budoyo


    Layar Tancep 
    Wayang Tutur 


    Barongsai 


    Sedekah Bumi 


    Festival Pasar Gabus


    Informasi lebih lanjut hubungi

    Kampung Budaya Gabus
    Alamat Sekretariat : Desa Gabus RT. 5 RW. 5, Jalan Raya Gabus, Pati (Utara SPBU Gabus), Kecamatan Gabus, Pati, Jawa Tengah.
    Telp: +62 813 2624 9016 (Bp. Timbul Hadiyanto)
    Website: https://gabuskampungbudaya.blogspot.com

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says