PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: May 19, 2014 / comment : 0

    Candi Borobudur. Sumber : www.fotowisata.com
    Candi Borobudur adalah sebuah candi Budha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Bangunan ini berdiri jauh sebelum Angkor Wat berdiri di kamboja. Candi Borobudur disebut sebagai salah satu monumen dan kompleks stupa termegah serta terbesar di dunia oleh UNESCO. Candi Borobudur memiilki 2672 panel relief. Candi Borobudur memiliki relief Budha terbesar dan terlengkap. Relief pada Candi Borobudur terbagi kedalam 4 kisah utama yaitu Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka, dan Awadana. Relief – relief tersebut menceritakan perjalanan hidup Sang Budha dan ajaran – jarannya. Pada beberapa bagian juga terdapat relief yang menggambarkan kemajuan masyarakat Jawa pada masa itu. Hal ini pula yang membuat banyaknya umat yang menganui agamaBudha dari berbagai negara seperti India, Kamboja, Tibet dan China. Sekarang pun Candi ini sudah menjadi tempat wisata yang tidak kalah indahnya dengan tempat wisata Danau Toba di Sumatra Utara.

    Relief – relief tersebut menggambarkan bahwa nenek moyang orang Indonesia adalah pelaut. Hal tersebut terlihat dari 10 relief kapal yang terpahat pada Candi Borobudur. Dari relief ini dapat diketahui bahwa pada masa itu, oang Indonesia adalah pelaut yang ulung dan tangguh. Candi Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14. Hal ini terjadi karen melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Budha di pulau Jawa. Secara resmi, candi Borobudur ditemukan oleh 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Setelah ditemukan, candi Borobudur kemudian terus mengalami pemugaran. Pemugaran terbesar terjadi mulai tahun 1975 hingga 1982 yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dibantu UNESCO.

    Candi Borobudursedikit berbeda dengan candi – candi yang lain. Jika pada umumnya candi – candi yang terdapat di Indonesia dibangun diatas tanah yang datar, candi Borobudur dibangun diatas sebuah bukit dengan ketinggian 265 meter dari permukaan laut. Para peneliti percaya bahwa candi Borobudur dulunya dibangun diatas sebuah danau purba yang sekarang telah mengering. Hal ini terbukti dari temuan endapan sedimen lumpur disekitar candi Borobudur. Para ahli percaya bahwa aktifitas vulkaniklah yang telah membuat dataran disekitar candiBorobudur berubah yang kemudian membuat danau disekitar candi menghilang. Fakta ini diperkuat dengan adanya gunung Merapi yang terbukti telah aktif jauh sebelum candi ini dibangun.

    Pemandangan dari puncak Candi Borobudur. Sumber : kikiesone.com
    Saat ini pun Candi Borobudur sudah terkenal di mata Indonesia dan dunia. Selain itu tempat ini juga sudah menjadi objek/tempat wisata yang paling digemari oleh para wisatawan di Indonesia maupun internasional. Karena bangunannya yang megah dan pemandangannya dari puncak candi yang terlihat sangat indah. Biaya masuknya pun tidak terlalu mahal, saat penulis mengunjunginya biayanya sekitar 30.000 Rupiah per orang. Sangat murah bukan? 

    Bagaimana para pembaca? Apa anda tertarik untuk mengunjungi Candi termegah ini? Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari informasi seputar tempat wisata Candi Borobudur.

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says