PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: May 22, 2014 / comment : 0

    Taman Nasional Tanjung Puting terletak di semenanjung barat daya Kalimantan Tengah. Tempat wisata yang tidak kalah asiknya dengan Taman Nasional Pulau Komodo ini merupakan salah satu keajaiban dunia dibidangcagar alam. Taman Nasional Tanjung Puting memiliki luas total 305.000 hektar. Area ini telah dresmikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada 13 Juni 1936. Pada tanggal 12 Mei 1984, Menteri Kehutanan menetapkan bahwa Tanjung Puting adalah Taman Nasional dengan luas 415.040 hektar.  Dari segi geografis, Taman Nasional initerbentang meliputikecamatan Kumai, Kecamatan Hanau, dan Seruyan Hilir di Kabupaten Seruyan. Taman Nasional ini memiliki salah satu binatang yang menjadi ikon sekaligus daya tarik tersendiri yaitu Orang Utan.

    Hutan di Taman Nasional Tanjung Puting. Sumber : greenpeace.org
    Taman Nasional Tanjung Puting terdiri dari beberapa ekosistem yaituhutan tropika dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan rawa gambut, hutan bakau atau sering disebut juga dengan hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan sekunder. Sejak diresmikan sebagai Cagar Alam oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1936, Taman Nasional ini telah menjadi tempat perlindungan bagi sekitar 38 jenis mamalia. Tanjung Puting juga merupakan rumah bagi beberapa primata terutama Orang Utan (Pongo pygmeus), Owa – owa (Hylobates agilis), Beruang Madu (Helarctos malayanus) dan Bekantan (Nasalis larvatus). Terdapat juga mamalia – mamalia besar seperti Kijang (Muntiacus muntjak), Kancil (Tragulus javanicus) dan Babi Hutan (Sus barbatus).


    Letak gerografis wilayahnya yang juga memiliki peraian membuat tempat wisata Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah ini sebagai rumah dari beberapa reptil seperti Buaya Sinyong Supit (Tomistoma schelegel), Buaya Muara (Crocodilus porosus), dan Labi – labi (Trionyx cartilagenous). Taman Nasioanl Tanjung Puting juga terkenal dengan populasi burung yang mencapai lebih dari 200 jenis. Dari jumlah tersebut 20 jenis diantaranya adalah species langka dunia. Jika anda tertarik untuk melihat langsung bagaimana hewan – hewan tersebut dihabitat aslinya, anda dapat mengunjungi tempat wisata. Cara termudah untuk menuju Taman Nasional tanjung Puing adalah dengan menggunakan jalur air. Anda harus menuju Banjarmasin atau Palangkaraya terlebih dahulu. Perjalanan anda menuku Taman Nasional ini, kemudian dilanjutkan dengan menyewa perahu kelotok atau speed boat.

    Orang Utan. Sumber : republika.co.id
    Bagaimana Orang Utannya? Mirip kan dengan anda? (hehehe bercanda kok..) Jika anda seorang pecinta travelling atau penduduk yang tinggal di Kalimantan, jangan sampai anda melewatkan salah satu tempat wisata yang paling seru di Indonesia ini, karena di sini anda akan melihat berbagai macam jenis hewan yang langka dan dilestarikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says