PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: June 18, 2016 / comment : 0

    Destinasi Wisata Riau Siap Sambut Wisatawan  


    "Riau siap menyambut liburan Anda dengan Atraksi Festival Budaya Pacu Jalur dan Bakar Tongkang, sebuah tradisi yang telah berjalan seabad lebih serta keindahan alam yang sangat  mempesona"

    Destinasi Wisata Riau Siap Sambut Wisatawan

    ReyGinaWisata - Destinasi Wisata Riau Siap Sambut Wisatawan Domestik dan Wisatawan Mancanegara untuk berkunjung ke wilayahnya. Hal ini terlihat dengan diluncurkannya "Calender of Event Riau 2016" sebagai wujud tekad Provinsi Riau menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan selain minyak bumi dan kelapa sawit. 

    Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian pantai timur Pulau Sumatera atau Sepanjang Pesisir Selat Malaka. Dengan luas wilayah sekitar 87.023.66 kilometer persegi yang membentang dari Lereng Bukit Barisan hingga Selat Malaka, Riau banyak memiliki potensi berupa daya tarik alam (nature), budaya (culture) dan daya tarik wisata buatan (man-made) seperti Festival Budaya Pacu Jaluar, Bakar Tongkang atau Festival Bekudo Bono yang telah mendunia.

    Riau siap menyambut liburan Anda dengan Atraksi Festival Budaya Pacu Jalur dan Bakar Tongkang, sebuah tradisi yang telah berjalan seabad lebih dan telah mampu mengundang decak kagum bagi para wisatawan nusantara termasuk wisatawan dari etnis Tianghoa yang mencapai sekitar 20 ribu wisatawan.

    Riau juga siap menyambut Anda dengan Wisata Petualangan (Adventure Tourism) serta Wisata Olahraga (Sport Tourism). 

    Pariwisata Unggulan Riau

    Riau yang mendapat julukan sebagai "Bumi Lancang Kuning" yang selama ini identik dengan minyak bumi dan hamparan kebun kelapa sawit yang berlimpah ternyata juga memiliki sumber kekayaan lainnya dalam sektor Pariwisata seperti Wisata Alam, Wisata Religi, Wisata Budaya dan juga Wisata Sejarah yang menakjubkan seperti :

    1. Festival Bekudo Bono


    Festival Bekudo Bono

    Event pariwisata "Festival Bekudo Bono" akan berlangsung pada 4-6 November 2016 di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Bono adalah peristiwa alam yang berlatar pertemuan arus laut yang menimbulkan gelombang yang sangat tinggi. Ketinggian ombak yang bisa mencapai 6 meter tersebut banyak menarik perhatian para peselancar kelas dunia. Akan tetapi di Kuala Kampar Anda dapat merasakan tingginya gelombang untuk berselancar di dalam Sungai. Keunikan yang di klaim hanya ada 2 di dunia yaitu di Sungai Kuala Kampar, Indonesia dan Sungai Amazon, Brasil telah menarik perhatian peselancar kelas dunia seperti Steve King. 

    2. Tour de Siak


    Tour de Siak

    Tour de Siak akan berlangsung dari tanggal 21-25 September 2016 di Kabupaten Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau. Tour de Siak merupakan ajang balap sepeda dari tahun ke tahun yang kian populer dengan treknya yang unik yakni melintasi perkebunan kelapa sawit dengan pemandangan alam yang sangat khas.

    3. Festival Pacu Jalur 


    Festival Pacu Jalur

    Festival Pacu Jalur akan diselenggarakan pada 24-28 Agustus 2016 di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Festival yang telah diselenggarakan lebih dari satu abad ini merupakan kegiatan pacu dengan menggunakan perahu naga yang terdiri dari 45 hingga 60 pendayung, Dalam acara ini bukan hanya mencari sang pemenang tetapi yang lebih diutamakan adalah semangat gotong royong  sampai bersahajaan dalam bersilatuhrahmi. 

    Selain dapat menyaksikan Festival Pacu Jalur, Anda juga dapat menyaksikan malam pagelaran seni dan budaya hingga menikmati aneka kuliner khas Riau bersama ribuan warga yang akan tumpah ruah di sepanjang Tepian Narosa.

    4. Festival Bakar Tongkang


    Festival Bakar Tongkang

    Festival Bakar Tongkang akan diselenggarakan pada 20-21 Juni 2016 di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Provinsi Riau. Bakar Tungkang ini merupakan acara ritual yang terlah berlangsung selama berabad-abad yang melibatkan banyak ribuan warga. Bakar Tongkang ini memiliki sejarah yang panjang kala perantau dari Tiongkok tersesat di samudra luas. Mereka kemudian melihat Pendar Cahaya di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Provinsi Riau sebagai tempat berlabuh. 

    Untuk membuktikan tekad mereka maka mereka membakar tongkang atau perahu agar setelah nyata mereka bisa bebas untuk kembali pulang. Dalam acara ini diperkirakan 20.000 wisatawan dari etnis Tianghoa akan hadir menyaksikan ritual ini.

    5. Festival Gema Muharram


    Festival Gema Muharram

    Festival Gema Muharram akan berlangsung dari tanggal 1-2 Oktober 2016 di Kabupaten Indragiri Ilir, Provinsi Riau. Event ini sangat kental dengan suasana religi ketika ribuan warga akan tumpah ruah merayakan momentum 10 Muharram setiap tahunnya yang dalam Agama Islam memang beberapa peristiwa merujuk pada 10 Muharram seperti selamatnya kapal Nabi Nuh AS dari banjir besar, Nabi Yunus selamat dari perut ikan besar, lepasanya Nabi Ibrahim lepas dari pembakaran yang dilakukan Namruz. Tanggal tersebut juga menandakan sebagai hari dibebaskannya Nabi Yusuf dari Penjara. 

    Karena banyaknya moment penting yang terkait dengan tanggal 10 Muharram, Maka Festival Gema Muharram tampil di Indragiri Ilir selama 2 tahun belakangan ini mendapat Rekor Muri untuk pembuatan Bubur Asyura  dan Salawat Nuriyah terbanyak pada festival ini.

    Selain banyaknya kegiatan "Calender of Event Riau 2016" Provinsi Riau juga di dukung oleh berbagai macam Destinasi Wisata yang sangat menarik dan indah seperti adanya 

    Kelenteng Hoo Ann Kiong (Vihara Sejahtera Sakti atau Tua Pek Kong Bio (Bahasa Hokkien)

    Vihara Sejahtera Sakti


    Masjid Raya Pekanbaru

    Wisata Budaya mengunjungi Istana Siak Sri Indrapura

    Istana Siak Sri Indrapura

    Mengunjungi keindahan Candi Muara Takus di Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.


    Candi Muara Takus


    atau mengunjungi Benteng Tujuh Lapis yang terletak di daerah Dalu-Dalu, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu.

    Di Provinsi Riau Anda juga dapat mengunjungi:

    Keindahan Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban di Kecamatan Kuantan, Anjungan Seni

    Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

    Bangunan Seni Idrus Tintin yang merupakan salah satu bangunan Wonder Building di Pekanbaru,

    Bangunan Seni Idrus Tintin

    Keindahan alam Pulau Jemur yang sangat indah dan mempesona,  

    Pulau Jemur


    Berpetualang di Taman Nasional Bukit Tigapuluh dan Taman Nasional Tesso Nilo dan tempat-tempat wisata lainnya di Provinsi Riau.

    Taman Nasional Bukit Tigapuluh

    Taman Nasional Tesso Nilo
     

    Berikut Jadwal event-event yang siap di selenggarakan di Provinsi Riau selama tahun 2016 ini.

    Objek Wisata Budaya Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar event Festival Bokor pada 22-23 Juli 2016 dan Festival Mendongkah Kerang pada 24-25 Juli 2016 di Kabupaten Meranti, Wisata Religi di Kawasan Islamic Centre Rokan Hulu. Event Festival Lampu Colok “Malam 7 Likur” di Kabupaten Dumai pada 27 Ramadhan 1437 (2 Juli 2016). Event Petang Balimau pada 5 Juni 2016 di Pekanbaru. Event Riau Hitam Putih Internasional (World Music) pada 27-29 Oktober 2016 di Kota Pekanbaru. 

    Nah itulah Destinasi Wisata Riau yang akan menyambut Anda dan keluarga saat berlibur dan berwisata ke Provinsi Riau. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi Anda yang ingin berlibur dan menikmati keindahan alam atau seni budaya Riau yang sangat mempesona dan menakjubkan.

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says