PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: January 18, 2016 / comment : 0

    Hutan Mangrove Muara Gembong Bekasi

    Kabupaten Bekasi memiliki garis pantai 72 kilometer, yang berada di tiga kecamatan di wilayah utara dan membentang dari perbatasan Jakarta sampai perbatasan Karawang, ekosistem mangrove di Kabupaten Bekasi terdapat di tiga wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Babelan, Muara Gembong dan Tarumajaya.

    Hutan Mangrove Muara Gembong Bekasi (https://www.kaskus.co.id)

    Hutan Muara Gembong terletak di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Propinsi Jawa Barat. Di Kecamatan Muara Gembong ada enam desa yaitu Desa Pantai Bahagia, Pantai Mekar, Pantai Sederhana, Pantai Harapan Jaya, Desa Pantai Bakti, Desa Jaya Sakti.

    Kawasan Hutan Gembong memiliki luas + 5.311,15 Ha. Kawasan hutan ini membentang di sepanjang pantai Ujung Krawang (Muara Gembong) yang terletak di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Secara geografis terletak antara 107º 00’ 00’’ BT sampai 107º 06’ 00’’ BT dan 5º 55’ 00’’ LS sampai 6º 05’ 30’’ LS.

    Jenis Mangrove

    Hutan Mangrove Muara Gembong Bekasi

    Pada kawasan pesisir pantai hutan mangrove ditemukan jenis tumbuhan mangrove sejati terdiri dari 23 jenis yang didominasi oleh Api-api (Avicennia spp.), Bakau (Rhizophora spp.), Pedada (Sonneratia caseolaris). Sedangkan hutan mangrove ikutan terdiri dari 13 jenis yang didominasi oleh Bintan (Cerbera odollam), Kiser (Fimbristylis verruginea) dan Ketapang (Terminalia catappa). Adapun jenis tumbuhan di muara air tawar terdiri dari 11 jenis yang didominasi oleh Kiser (Fimbristylis verruginea) dan Nipah (Nypha fruticans).

    Hutan Mangrove Muara Gembong Bekasi (https://www.menujujauh.com)

    Fauna

    Burung Kuntul (https://jakarta.panduanwisata.id)

    Berdasarkan data sekunder, jenis burung yang ditemukan di Kawasan Hutan Lindung Ujung Krawang (Muara Gembong) sebanyak 158 jenis. Dari sejumlah jenis tersebut, 7 jenis merupakan kelompok endemik dan 6 jenis dilindungi berdasarkan kriteria IUCN. Jenis Raja-udang biru Alcedo coerulecens dan Layang-layang batu Hirundo tahitica ditemukan cukup banyak di sepanjang Sungai Citarum dan sungai Bungin. Di pantai bagian utara, terdapat beberapa jenis burung air diantaranya Kuntul Perak (Egretta intermedia), Kuntul Kecil (Egretta garzetta), dan Cangak Abu (Ardea cinerea).

    Cikalang Christmas ( Fregata andrewsi) - https://alamendah.org

    Burung-burung laut seperti Cikalang Christmas ( Fregata andrewsi) dan Dara-laut (Dara-laut jambul dan Dara-laut kecil) yang merupakan jenis burung migran, ditemukan di sekitar pantai. Sedangkan jenis burung Pecuk-padi hitam ditemukan di bagan-bagan di tengah laut.


    Terdapat 15 jenis mamalia yang didominasi oleh Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis) dan Surili (Presbitis cristata). Untuk jenis reptilia terdapat 6 jenis dan 3 jenis diantaranya masuk ke dalam Appendix CITES, antara lain Kura-kura Hutan dan Biawak (Varanus salvator). Jenis ikan yang banyak ditemukan di kawasan mangrove adalah Ikan blodok (Periophtalmus sp.) (Timdu, 2005).

    Mencapai

    Objek wisata bahari di Bekasi tersebut dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta silakan ikuti rute menuju Bekasi lewat Tol Jakarta-Cikampek. Selanjutnya masuk ke Jalan Raya Karang Sartia. Ikuti jalan tersebut hingga Jalan Pasar Muara. Dengan mengikuti Jalan tersebut Anda akan sampai Jalan Raya Muara Gembong yang menyusuri tepian Sungai Citarum. Pantai yang Anda tuju ada di ujung jalan itu.

    Informasi lebih lanjut hubungi

    Muara Gembongku 
    Website: https://www.muaragembongku.org
    Twitter: @muaragembongku

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says