PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: March 15, 2016 / comment : 0

    Roti Ganjel Rel (Roti Gambang)

    Kalau kita mendengar kata Lumpia, maka pikiran kita akan segera menuju ke kota Semarang, merupakan ibukota Propinsi Jawa Tengah. Lumpia merupakan camilan khas kota Semarang, namun masih ada yang lainnya Sahabat GWI Indonesia Bener, Yuk kita telusuri bersama.

    Lumpia Semarang

    Lumpia Semarang (https://anekatempatwisata.com)

    Tak lengkap rasanya bila Anda berkunjung ke Semarang tanpa menyantap lumpia Semarang. Jika lumpia pada umumnya hanya berisi telur, toge, dan tahu, maka tidak demikian halnya dengan lumpia semarang. Isian lumpia semarang antara lain adalah rebung, telur, daging ayam, dan udang. Sausnya yang kental memiliki citarasa khas perpaduan kuliner tionghoa dan Indonesia. Lumpiah semarang ini awalnya memang dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia asli dan menetap di Semarang. Karena lumpia semarang ini tidak dapat tahan lama, maka jika Anda ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh, maka sebaiknya Anda membelinya di hari terakhir sebelum Anda pulang. Supaya lumpia semarang ini bisa lebih awet, Anda bisa menyimpannya di freezer.

    Kue Moaci atau kue Moci

    Kue Moaci Gemini (https://anekatempatwisata.com)

    Kue Moaci Gemini ini agak mirip sekaligus berbeda dengan kue mochi Sukabumi, sepintas juga seperti Camilan Onde-Ode, karena diluarnya diselubungi wijen. Kue moaci terbuat dari tepung ketan dan santan. Bentuknya bulat dan bagian luarnya diselubungi tepung atau wijen. Isiannya bermacam-macam, namun yang paling terkenal adalah isian kacang tanah. Selain kacang tanah, ada juga rasa rasa talas, strawberry, durian, cokelat, dan pandan. Teksturnya yang kenyal, lembut dan rasanya yang enak membuat kue moaci ini menjadi salah satu oleh-oleh wajib jika Anda berwisata ke Semarang. Kue moaci ini dapat bertahan hingga dua minggu jika dimasukkan ke dalam kulkas. Toko Moaci Gemini ini beralamat di Jl. Kentangan Barat No. 101, Semarang.

    Roti Ganjel Rel (Roti Gambang)

    Roti Ganjel Rel (https://www.klikhotel.com)

    Mendengar namanya mungkin Anda mengerutkan dahi, aneh ya? Tapi tenang saja, meski namanya aneh, namun roti ini memiliki rasa khas yang istimewa. Roti ini, semacam bolu yang bertekstur padat, rasanya manis dan memiliki aroma jahe. Jika dimakan meninggalkan kesan nyangkut di leher, hehe. Konon, bentuknya mirip bantalan rel kereta api, kerasnya juga sama mungkin ya.

    Torakur

    Torakur (https://www.dewirieka.com)

    Kalau ini, manisan khas Bandungan, Kabupaten Semarang yang unik. Terbuat dari buah tomat yang dikeringkan, dan setelah jadi, tekstur, bentuk dan rasanya menyerupai buah kurma Arab! Makanya diberi nama Torakur alias tomat rasa kurma. Cocok nih dijadikan oleh-oleh khas Semarang karena enak dan unik. Khas banget. Dijual dalam kemasan kota kecil seharga Rp.20.000 an.

    Kopi Banaran dan Kopi Gunung Kelir

    Kopi Banaran (https://www.dewirieka.com)

    Bagi anda peminat Kopi, cobalah Kopi Banaran adalah kopi hasil produksi PT. Perkebunan Nusantara IX wilayah Jawa Tengah. Perkebunannya sendiri berada di Jalan Ungaran-Solo KM 35, Bawen. Perkebunan ini dijadikan tujuan agrowisata dengan nama Kampoeng Kopi Banaran. Selain berkemah, outbound, kita bisa piknik juga lho disana. Pulangnya, bisa membeli kopi enak dalam kemasan kotak dengan harga terjangkau di toko oleh-olehnya.

    Kopi Gunung Kelir (https://www.dewirieka.com)

    Selain kopi Banaran, kopi Gunung Kelir produksi Jambu, Kabupaten Semarang bisa menjadi oleh-oleh khas Semarang yang yummi. Kopi Gunung Kelir bisa dibeli di CJ Mart, Gedung UMKM Center, Jalan Banyumanik Semarang.

    Tahu Bakso

    Tahu Bakso (https://www.klikhotel.com)

    Suka minum teh atau kopi di sore hari? Kegiatan minum teh biasanya butuh camilan. Nah, tahu bakso khas Semarang bisa jadi teman santai minum teh di sore hari. Rasanya yang gurih, sangat nikmat disajikan hangat dan disantap dengan cabe rawit. Terdapat dua macam tahu bakso yaitu tahu bakso goreng dan tahu bakso rebus. Tak perlu bertanya mana yang lebih enak, karena keduanya memang sama-sama lezat. Tahu bakso ini tak akan sepopuler seperti saat ini jika bukan karena Bu Pudji, seorang warga Unggaran. Pada tahun 1995, ia memulai usahanya dengan menjajakan tahu bakso buatannya ke kantor-kantor pemerintahan yang ada di Unggaran dan Semarang. Karena banyak yang menyukai jajanan ini, Bu Pudji akhirnya menjadikan tahu bakso sebagai ladang bisnisnya. Saat ini, tahu bakso mudah ditemui di berbagai toko oleh-oleh khas Semarang, terutama di Jalan Pandanaran.

    Gandos (*)

    Gandos (https://hellosemarang.com)

    Satu lagi makanan atau jajanan khas Semarang adalah Gandos. Gandos adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras dicampur santan kelapa ditambah garam secukupnya. Gandos dibuat di dalam cetakan loyang dengan api panas di bawahnya. Rasanya pun cukup manis dan gurih. Gandos ini sangat cocok disantap ketika masih dalam keadaan hangat.

    Jongkong Singkong (*)

    Jongkong Singkong (https://www.sajiansedap.com)

    Jongkong Singkong merupakan salah satu jajanan tradisional dari Semarang yang terbuat dari bahan utamanya berupa singkong. Diparut dan dibungkus oleh daun pisang. Dalam penyajiannya jongkong singkong ini menggunakan kelapa parut yang ditabur diatasnya, sehingga rasa kue tradisional yang satu ini lebih nikmat dan lebih gurih.

    Lontong Spekkoek (*)

    Lontong Spekkoek (https://hellosemarang.com)

    Makanan khas Semarang lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah lontong spekkoek. Lontong spekkoek ini adalah kue lapis legit atau spekkoek yang dibentuk menyerupai lontong. Rasanya enak dan teksturnya lembut.

    (*) Tambahan

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says