PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: March 14, 2016 / comment : 0

    Slondok

    Mendengar kata camilan “Gethuk” pastilah pikiran kita akan mengarah ke kota Magelang, terkenal dengan getuknya yang khas. Camilan selain gethuk, atau gethuk telah mengalami perkembangan jaman, kota Magelang banyak diketemukan camilan selain gethuk, yuk kita simak bersama.

    Gethuk

    Gethuk Trio (https://www.kaskus.co.id)

    Siapa yang tidak tahu gethuk. Panganan tradisional ini menjadi salah satu ikon kuliner magelang dan oleh-khas daerah magelang. Saat ini gethuk yang berasal dari magelang sejak dulu sama sekali tidak berubah dari rasa dan tampilannya. Hal in untuk mempertahankan keaslian cita rasa dan kualitas dari kuliner khas magelang ini. Tapi siapa sangka saat ini gethuk magelang telah di modifikasi dan dikembangkan untuk mengikuti perkembangan jaman. Gethuk legendaris yaitu Gethuk Trio, sampai saat ini tetap rasanya, hanya yang berubah harganya.

    Roti Bagelen Probitas

    Roti Bagelen Probitas (https://ceremende.blogspot.co.id)

    Roti kering dengan berbagai varian roomboter, berbentuk bulat, oval dan bakar, merupakan camilan legendaris yang dibuat oleh PT. Probitas Jaya Utama, Magelang; untuk membelinya nggak usah datang ke Magelang, tersedia di Super Market kok.

    Wajik

    Wajik Week dahulu bernama Wajik Ny. Week (https://pictigar.com)

    Wajik ketan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih yang dipadukan dengan gula merah atau bisa juga menggunakan gula putih sesuai dengan selera anda, santan, daun pandan dan garam.

    Wajik Week merupakan camilan legendaris dari Magelang, dikelola generasi ketiga, rasanya pun hanya ada dua macam yaitu gula kelapa (warna cokelat) dan pandan (warn hijau). Semula wajik ini hanya dibungkus dengan daun pisang dan koran bekas, tapi kini memperbaruinya menjadi kardus, dikemas dengan memakai kertas minyak dengan disablon logo. Untuk membeli langsung di tempat produsen Wajik Week, berlokasi di jalur selatan Magelang, tepatnya di Salaman, pertigaan antara Magelang-Borobudur-Purworejo.

    Gethuk Bollen

    Gethuk Bollen

    Bollen adalah makanan khas Bandung. Sejenis roti kering berlapis lapis atau sering disebut pastry. Biasanya bollen yang berisi aneka topping seperti pisang, keju, cokelat, kacang atau bahan lainnya. Namun saat ini bollen sudah dipadukan dengan gethuk yang menghasilkan panganan tradisional magelang dengan tampilan yang berbeda. Rasa gethuk yang legit manis dan lembut berpadu dengan kulit pastry yang gurih dan renyah membuat kue ini cocok untuk camilan teman minum teh atau kopi.

    Inovasi membuat gethuk bollen itu dimulai sejak 2011 lalu oleh salah satua produsen roti lokal di magelang. Di Magelang banyak sekali ditemukan makanan gethuk. Namun kebanyakan masih sebatas gethuk asli tanpa variasi.

    Proses pembuatan gethuk bollen hampir sama dengan pembuatan roti pastry pada umumnya. Diawali dengan membuat kulit pastry yang berlapis-lapis. Kemudian membuat adonan gethuk yang juga hampir sama dengan gethuk lainnya, mulai dari perebusan ketela pohon, dihaluskan, lalu dibentuk bola-bola kecil. Adonan bola-bola ini kemudian dimasukkan ke adonan bollen lalu dipanggang. Biasanya adonan gethuk kan hanya direbus atau dikukus. Sedangkan untuk gethuk bollen khas magelang proses akhirnya yaitu panggang.

    Gethuk Cotot

    Gethuk Cotot (https://www.kaskus.co.id)

    Gethuk cotot tidak beda dengan getuk lainnya yaitu berbahan dasar ketela. Yang membedakan disini adalah bahan dasar yang sudah jadi berupa gethuk putih ataupun gethuk ireng (hitam) diberi dengan gula pasir tengahnya lalu ditutup rapat, setelah itu digoreng. Mungkin orang yang pertama kali kasih nama gethuk cotot karena ketika dimakan, pecotot keluar gulanya. rasanya manthap karena gula tadi sudah mencair setelah digoreng. nyam.. nyam...

    Pethotan

    Pethotan (https://www.kaskus.co.id)

    Dibuat dari tepung beras campur kelapa dan gula jawa dan dibungkus daun pisang secara miring.

    Phothil

    Photil (https://www.kaskus.co.id)

    Phothil merupakan camilan kerupuk yang renyah dan gurih, berbahan dasar singkong. saat ini sudah banyak inovasi berbagai rasa, keju pedas dan lain-lainnyal.

    Kluwo atau Jenang Telo

    Kluwo atau Jenang Telo (https://www.kaskus.co.id)

    Kluwo berbahan dasar singkong dicampur gula jawa dan santan yang direbus dan aduk terus sampai matang. rasanya manis dan mengeyangkan.

    Sinapun (Cenil)

    Sinapun atau Cenil (https://www.kaskus.co.id)

    Makanan yang terbuat dari tepung kanji ini rasanya enak dan kenyal, dibungkus daun pisang lalu diberi parutan kelapa dan gula pasir menambah sensasi manis gurih.

    Slondok

    Slondok (https://www.kaskus.co.id)

    Slondok berbahan dasar singkong yang diparut dan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cemilan gurih. Ada juga yang sudah mengkombinasikannya dengan rasa pedas.

    Klemet

    Klemet (https://www.kaskus.co.id)

    Klemet ini dalam bahasa sunda dikenal bakecrot. terbuat dari singkong dan parutan kenapa serta gula jawa yang ditaruh ditengahnya lalu dibungkus daun pisang dan dinanak. rasanya manis enak lah...

    Nagasari

    Nagasari (https://www.kaskus.co.id)

    Nagasari ini rasanya gurih manis karena bahan yang digunakan adalah tepung beras, santan dan di tambahkan garam, lalu di bungkus oleh daun pisang yang di dalamnya diberi pisang.

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says