PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: April 02, 2014 / comment : 0


    Batik Jawa Baru mulai muncul setelah Perang Dunia II usai, Jepang takluk dan angkat kaki dari Indonesia, batik sebagai industri mengalami masa surut. Namun, motif-motif batik terus berkembang, mengikuti suasana. Ketika itu juga muncul istilah seperti Batik Nasional dan Batik Jawa Baru. Batik Jawa Baru bisa disebut sebagai evolusi dari Batik Hokokai. Pada tahun 1950-an batik yang dihasilkan masih menunjukkan pengaruh Batik Hokokai yaitu dalam pemilihan motif, tetapi isen-isennya tidak serapat Batik Hokokai (baca: Batik Hokokai).

    Batik Jawa Baru 

    Sumber: https://radikbatik.blogspot.com

    Batik Jawa Baru memiliki motif dan warna yang ada pada era Batik Jawa Hokokai yang lebih disederhanakan, tetapi masih berciri khas pagi sore tanpa tumpal. Kebanyakan menggunakan motif rangkaian bunga dan lung-lungan. Terdapat satu motif Batik Jawa Baru dengan latar yang diisi Parang Seling dan Tanahan, dihiasi oleh buketan corak motif agak besar dan mengecil di bagian atasnya, motif penuh dalam satu kain yang dibuat dengan sangat rapi dan cecekan terbilang halus atau kecil. Pada batik tersebut juga terdapat beberapa kupu-kupu kecil dan burung sebagai pelengkap indahnya kain.

    Batik Jawa Baru 

    Sumber: https://batikantiklawas.blogspot.com

    Daerah perkembangan Batik Jawa Hokokai hanya dibuat oleh pengusaha Batik Pekalongan sampai akhir tahun 1945. Batik ini digemari sampai tahun 1950 dengan nama Batik Jawa Baru. Perkembangan selanjutnya batik ini menerapkan pola Jlamprang dan Tirtareja, dan parang sebagai isen latar yang dipadu dengan warna sesuai selera orang Indonesia.

    Batik Jawa Baru Pola Tirtareja dan Jlamprang 

    Sumber: https://batikdan.blogspot.com

    Seniman batik yang kembali mengangkat kembali motif Hokokai adalah Iwan Tirta. Pada tahun 1980-an Iwan Tirta menginterpretasi ulang motif batik Jawa Hokokai dalam bentuk desain yang baru. Ia memperbesar motif bunga seperti krisan dan mawar serta menambahkan serbuk emas 22 karat sebagai cara untuk mempermewah penampilan batik tersebut. Pada sebuah pergelarannya, Iwan Tirta juga membuat motif kupu-kupu dalam ukuran besar.

    Batik Jawa Baru 

    Sumber: https://pekalongan.olx.co.id

    Sahabat bisa menjadikan Batik Jawa Baru sebagai salah satu koleksi batik anda. Semoga bermanfaat.

    Sumber: Fitinline

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says