PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: July 12, 2013 / comment : 0

    Oleh Tri Agus Yogawasista

    Pegunungan kapur, Maros, Makassar

    DESA Wisata Samangki terletak di Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Makassar, Sulawesi Selatan. Sebagian besar wilayahnya merupakan jalur transportasi darat antar daerah, menjadikannya daerah persinggahan yang ramai.

    Desa berpenduduk 4.862 jiwa (2010) ini memiliki potensi pertanian yang luas. Karenanya, sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Wilayah Desa Wisata Samangki termasuk dalam kawasan hutan negara dan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

    Wilayah ini meliputi Taman Wisata Alam Bantimurung, kawasan wisata petualangan Pattunuang, kawasan cagar alam Karaenta dan wahana wisata Maros Waterpark. Deai ini juga memiliki banyak gua alami.

    Paket Wisata Alam

    Paket perjalanan wisata ini diberikan mengingat sejumlah daya tarik wisata di desa ini termasuk dalam jenis wisatawan minat khusus. Pendampingan diberikan dalam bentuk penyediaan pemanduan serta penyediaan fasilitas wisata yang membutuhkan keahlian atau peralatan khusus, antara lain:

    1. Tracking atau Jelajah Hutan - Membutuhkan pemandu yang menguasai medan dan memiliki kecakapan interpretasi serta kemampuan melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Pembuatan jalur treking dengan berbagai rute dilakukan demi kenyamanan dan keamanan pengunjung. Peminat kegiatan ini cukup besar terutama wisatawan yang menyukai kegiatan penjelajahan.

    Terowongan Kars Rammang-Rammang, Maros, Makassar

    2. Caving atau Penelusuran Gua - Secara umum kegiatan ini membutuhkan perlengkapan lapangan yang mampu menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan berwisata. Karenanya dibutuhkan tenaga pemandu yang memiliki keahlian dan teknik rescue di dalam gua serta kemampuan interpretasi dan pengetahuan dasar tentang gua.

    3. Rock Climbing atau Panjat Tebing - Merupakan kegiatan yang membutuhkan peralatan khusus, seperti halnya penelusuran gua, kegiatan panjat tebing juga membutuhkan tenaga pemandu yang cakap dan menguasai teknik climbing yang baik.

    4. Animal Watching atau Pengamatan Satwa - Kegiatan minat khusus yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kecintaan akan satwa khas dan endemik yang masih hidup bebas di alam bebas. Kegiatan ini dapat dilakukan di kawasan Pattunuang dan Karaenta dengan mengamati kehidupan kera hitam Sulawesi (macaca maura), tarsius spectrum dan beragam jenis burung. Wisatawan yang meminati kegiatan ini mayoritas wisatawan mancanegara.

    Gua-gua di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Makassar banyak diktemukan goa, bentuk goa disini dibagi menjadi dua :

    1. Goa Vertikal
    2. Goa Horizontal

    Untuk mengetahui lebih jelas lagi, silahkan klik disini,

    Wisata Arkeologi

    Jejak tangan di Leang-Leang, Maros, Makassar

    Jejak Prasejarah di Leang-Leang, koordinat GPS: 4° 58' 37.41" S, 119° 40' 19.24" E - Kawasan gua dengan banyak peninggalan arkeologis yang unik. Di sini ditemukan gambar prasejarah (rock painting). Ada gambar babi rusa yang sedang meloncat yang di bagian dadanya tertancap mata anak panah, serta gambar telapak tangan wanita dengan cat warna merah. Gambar prasejarah tersebut sudah berumur sekitar 5000 tahun. Diduga gua ini telah dihuni sekitar tahun 8000 - 3000 sebelum Masehi. Kawasan ini terletak di Kelurahan Kalabirang, Maros.

    Gambar binatang di Leang-Leang, Maros, Makassar

    Informasi berikutnya hubungi :

    Manajemen Desa Wisata Samangki
    Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Makassar, Sulawesi Selatan
    Kontak Person: +62813 5470 1719 (Boby) atau +62852 5520 0757 (Ridwan)
    Website: https://www.desawisatasamangki.com/
    Koordinat GPS :  5° 1' 43.33" S, 119° 41' 38.35" E

    Sumber : Berbagai artikel di internet

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says