PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: July 15, 2013 / comment : 1

    Oleh Tri Agus Yogawasista

    Ornamen hasil produksi Desa Wisata Mojo, Ngeposari, Semanu, Gunung Kidul

    Desa wisata Mojo terletak di Dusun Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Desa wisata ini terkenal dengan karya-karya kreasinya dengan menggunakan batu kapur yang dapat dirubah menjadi barang yang memiliki nilai seni.

    Sebagaimana yang telah diketahui oleh masyarakat, Gunungkidul terkenal dengan sumber daya alam berupa batu putih atau dikenal dengan istilah batu kapur (karst). Kekayaan alam tersebut kemudian dimanfaatkan oleh penduduk desa Mojo untuk bahan dasar pembuatan kerajinan. Dari tangan sebagian penduduk Desa Mojo inilah batu kapus tersebut kemudian diolah menjadi barang-barang kerajinan yang memiliki nilai seni.


    Benda-benda seni yang karya penduduk Desa Mojo dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan untuk memperindah ruangan. Barang-barang kerajinan yang dihasilkan diantaranya seperti relief, ornament, patung, pot lampion, sampai hiasan kamar. Hasil karya ini tidak hanya diminati oleh wisatawan di dalam negeri, melainkan hingga luar negeri. Hal tersebut terbukti dengan diekspornya hasil karya ke negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, Amerika hingga Eropa.

    Wisata Pendidikan 

    1. Berkebun
    2. Bertani
    3. Membajak sawah
    4. Beternak sapi
    5. Kursus Kesenian Tradisional
    6. Belajar pengolahan batu kapur menjadi sebuah barang jadi

    Selain karena karya-karya dari batu kapur tersebut, Desa Mojo juga terkenal dengan keindahan alam yang dimiliki desa tersebut. Selain keindahan alam, terdapat budaya yang masih dijaga oleh masyarakat sekitar Desa Mojo yaitu adat istiadat bernama Wedi Utah.

    Reog

    Wisata Seni Budaya (Kesenian Tradisional) 

    1. Karawitan
    2. Jathilan
    3. Reog
    4. Kethoprak
    5. Wayang kulit.

    Wisata Alam 

    1. Menelusuri Goa Gesing

    Goa Jlamprong, Semanu, Gunung Kidul (wisata-alam-murah.blogspot.com)

    2. Menelusuri Goa Jlamprong

    Stalagtit (wisata-alam-murah.blogspot.com)

    3. Menelusuri Goa Sinden

    4. Sumber Matair Kecemut

    Sumber Mata Air Kecemut

    Goa diatas merupakan goa horizontal didalam tanah, mempunyai lorong sepanjang 500 meter, banyak dijumpai stalaktik dan stalakmit yang menawan dan ketiga goa tersebut menyambung. Di akhir perjalanan caving kita akan finish di goa Sinden, di goa ini terdapat daerah sungai dengan aliran air hangat dan konon dahulu kala ditempat ini biasa digunakan untuk semedi calon sinden, sehingga namanya goa Sinden.

    Kuliner

    Sebagai penghasil ketela pohon atau singkong, Gunungkidul mempunyai makanan khas yang banyak terbuat dari singkong. Thiwul dan gatot adalah makanan khas yang paling terkenal dari Gunungkidul. Keduanya sama-sama terbuat dari singkong namun menghasilkan citarasa yang berbeda. Makanan dari bahan singkong yang lain: lempeng, klethek, cemplon, pathilo, lemet.

    Penginapan (Homestay)

    Desa Mojo menyediakan sebuah penginapan dengan kapasitas 15 kamar. Home stay berjumlah 6 buah dengan kapasitas maksimal 40 orang dengan harga yang terjangkau. Tempat pertemuan juga tersedia apabila wisatawan ingin mengadakan pertemuan.

    Informasi lebih lanjut hubungi :
           
    Desa Wisata Mojo 
    Dusun Mojo Ngeposari RT 001/25, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta 55893
    Telp. (62) 274 749 5105 atau +6281328276840 (Wisnu Purnomo)
    Koordinat GPS : 7° 59' 55.84" S, 110° 40' 30.22" E

    Sumber : Berbagai sumber dari Internet

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    1 for Desa Wisata Mojo Semanu Gunung Kidul Yogyakarta

Comments

The Visitors says