PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: July 12, 2013 / comment : 0

    Oleh Tri Agus Yogawasista


    Desa Wisata Kerajinan Batik Kayu “Krebet” terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul kurang lebih 12 km Barat Daya Kota Yogyakarta.

    Guci kayu batik

    Batik lazimnya ditoehkan di atas kain, namun para pengrajin di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, batik dikembangkan dengan menggunakan media kayu. Topeng kayu, miniatur binatang, dan pernik hiasan lainya dihiasi motif-motif batik dibuat dengan proses layaknya membatik di atas kain.

    Produk Batik Kayu Desa Krebet

    Dusun Krebet sebenarnya merupakan kawasan tandus. Namun kreativitas warganya dalam mengolah kerajinan batik kayu, telah membuat dusun ini dijadikan sebagai desa wisata yang ada di Kabupaten Bantul.

    Sandal (anitadewier25.blogspot.com)

    Kerajinan batik kayu ini menjadi icon dusun Krebet dan sekaligus menjadi tulang punggung ekonomi warga. Omset para pengrajin setiap bulannya mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Hasil kerajinan Batik kayu Krebet ini tidak hanya dipasarkan di dalam negeri seperti Bali, Jakarta, dan Surabaya melainkan juga telah menembus pasar mancanegara, yakni Asia, Eropa dan Timur Tengah.

    Wisman belajar membatik (jogjatravelling.com)

    Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah belajar membatik wayang dari kayu. Membatik dengan media wayang kayu tentu akan memberikan sensasi yang berbeda. Proses membatik dengan media ini tentu akan lebih membutuhkan ketelitian sebab polanya secara otomatis dibuat manual, tidak dicetak seperti ketika membatik dengan media kain.

    Gelang (theyogya.com)

    Nuansa istimewa lain dari kegiatan membatik wayang ini adalah pengunjung dapat mempelajari berbagai jenis motif batik, seperti motif klasik Kraton, seperti parangrusak, parangbarong, kawung, garuda, sidomukti, sidorahayu dan puluhan motif lain. Motif-motif ini sangat terkenal dan diminati di pasar mancanegara. Selain motif-motif tersebut, pengunjung juga bisa memilih sendiri motif batik yang hendak dibuat.

    Jam Dinding (anitadewier25.blogspot.com)

    Meskipun fasilitas belajar membatik di dusun ini tergolong sederhana dan belum menyediakan instruktur yang bisa berbahasa asing, namun dengan mengamati aktivitas para pengrajin mulai dari membuat wayang dan membatik, pengunjung dapat memperoleh modal yang cukup untuk mulai membatik.

    Manten Jawa

    Fauna dan Flora 

    Akasia dan Mahoni 

    Pohon Akasia dan Mohoni juga banyak dijumpai. Karena dulunya pohon ini digunakan sebagai penghijauan dan sekarang keberadaannya sudah banyak kita jumpai di hampir semua tempat di Krebet.

    Bambu 

    Bambu yang oleh orang sering digunakan sebagai bahan membuat meubel dan juga kerajinan dapat kita temukan di Krebet

    Asem 


    Pohon Asem, semakin langka

    Asem yang oleh orang sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan jamu dapat dengan mudah kita temukan diseluruh pelosok desa.

    Fauna

    Selain hewan yang diternakan, di Krebet juga masih terdapat hewan yang hidup liar seperti ayam hutan, burung puyuh, berbagai jenis burung seperti kutilang, emprit, derkuku, prenjak, sriti, dll. Juga bisa kita jumpai undur – undur, dan kalau beruntung bisa juga menyaksikan landak disekitar Jurang Pulosari. Tidak menutup kemungkinan banyak ular yang berkeliaran di daerah Krebet.

    Buah-buahan 

    Meskipun dengan kondisi tanah kapur, akan tetapi tanaman buah – buahan seperti Duwet (Anggur Jawa), Mangga, Sawo Bludru, Sawo Manila, Sawo Kecik, Pisang, Pepaya, dan aneka buah lain dapat berubah dengan lebat di Krebet.

    Produk Kerajinan 

    1. Batik Kayu
    2. Meubel Bambu
    3. Meubel Kayu
    4. Irus
    5. Pisau Dapur
    6. Anyaman

    Wisata Pertanian 

    1. Bercocok Tanam Jagung
    2. Bercocok Tanam Kacang

    Wisata Alam 

    1. Off Road

    Lokasi Off Road ini berada disebelah barat daya pusat Dusun Krebet yang area off road ini bersebelahan dengan Kedung Jurang Pulosari atau lebih tepatnya berada di wilayah RT 01 dan RT 02.

    2. Air Terjun (Curug) Jurang Pulosari

    Air Terjun Jurang Pulosari

    Kedung jurang pulosari terdapat Air Terjun (Curug) berada di RT 02 sebelah barat daya dusun krebet dari pusat dusun Krebet.

    Dengan keadaan geografis curam dan terjal, kedung jurang pulosari dapat dipempuh dengan kendaraan roda dua. Kendaraan Bus tidak bisa sampai ke area wisata karena medan jalan yang cukup sulit untuk ditempuh kendaraan besar. Kedung jurang pulosari berada diantara dua perbukitan yang masih asri dan belum dieksploitasi secara maksimal.

    Dikawasan ini keadaan masih sangat sejuk udaranya karena belum tercemar oleh asap kendaraan. Kedung jurang pulosari ini apabila musim hujan volume air dapat mengalir secara maksimal dan pada saat ini pemandangan atau keasliannya dapat terlihat dengan jelas, dan apabila musim kemarau tiba debit air dapat mengalir tetapi dengan volume yang sedikit. Pada musim kemarau juga dapat melihat keasliannya dari kedung jurang pulosari tetapi tidak seindah pada musim penghujan. 

    Kuliner 

    Gudeg Manggar (tembi.net)

    Mendengar kata ‘gudeg’, terbayang makanan khas Yogya yang berbahan utama dari nangka. Tapi pernahkah mendengar gudeg manggar? Gudeg ini merupakan makanan khas Bantul. Bahan utamanya adalah manggar, bunga pohon kelapa. Bisa dikatakan gudeg ini tidak ada di luar Bantul, alih-alih di Kota Yogya. Di Bantul sendiri penjual gudeg ini hanya sedikit namun Semua masyarakat Krebet bisa membuat Gudeg Manggar.

    Manggar, putik bunga pohon kelapa (panduanwisata.com)

    Manggar berwarna kecoklatan mirip nangka. Teksturnya juga mirip, hanya lebih tipis dan panjang. Hmm… rasanya gurih dan sedikit asin. Nikmatnya tidak kalah dengan gudeg nangka. Yang membedakan gudeg ini dengan gudeg nangka memang hanya manggarnya saja. Lainnya sama.Apakah benar bahwa gudeg manggar dibuat sebagai bentuk budaya tanding (counter culture) Ki Ageng Mangir terhadap gudeg nangka dari Ngayogyakarta? Entahlah. Yang jelas, ‘local genius’ Bantul ini layak tampil sebagai salah satu jagoan makanan tradisional.

    Selain Gudeg Manggar, Tempe Bacem, Tape Singkong, Gula Jawa (Gula Merah), Umbi-umbian terdiri dari Uwi, Gembili, Suweng, Singkong, Gadung dan Mondro; Trancam serta minuman Legen dan Wedang Asem.

    Penginapan (Homestay) 

    Tersedia kamar untuk 1, 2 atau 3 orang, dengan harga berkisar dari Rp. 80.000,- sampai Rp. 200.000,-  untuk 24 jam, mendapat makan 3 kali dan snack 2 kali.

    Informasi Lebih Lanjut


    Peta Lokasi Desa Wisata Krebet

    Desa Wisata Krebet
    Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta
    Kontak Person :  +62819 0405 0699 (Giyanto), +62852 2700 5755 (Yulianto) dan +62818 270 657
    Website: https://krebet.com
    Koordinat GPS :  7° 52' 33.47" S, 110° 17' 7.94" E

    Sumber : Berbagai sumber di Internet

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says