PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: February 22, 2016 / comment : 0

    Tari Topeng Cisalak

    Kota Depok, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota initerletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta-Bogor. Kata Depok sendiri berasal dari kata dalam bahasa Sunda yang berarti pertapaan atau tempat bertapa. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa kata Depok merupakan sebuah akronimdari De Eerste Protestants Onderdaan Kerk yang artinya adalah Gereja Kristen Rakyat Pertama.

    Depok dahulu adalah kota kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor, yangkemudian mendapat status kota administratif pada tahun 1982. Sejak 20 April 1999,Depok ditetapkan menjadi kotamadya (sekarang: kota) yang terpisah dari KabupatenBogor. Kota Depok terdiri atas 11 kecamatan, yang dibagi menjadi 63 kelurahan.

    Kota Depok banyak dijumpai Sanggar Tari dari berbagai wilayah, Sanggar Tari di sekolah-sekolah yang ada dan pusat pengembangan tarian di Fakultas Seni Budaya, Universitas Indonesia.

    Tari Godeg Ayu

    Tari Godeg Ayu dari Sanggar Tari Ayodya Pala (https://www.youtube.com)

    Pencipta Tari Godeg Ayu, Wulandari S.Sn dari Sanggar Tari Ayodya Pala, menuturkan tari Godeg Ayu merupakan tari kreasi yang berpijak dari kesenian topeng asli Cisalak, Depok. Tarian tersebut menggambarkan dinamika kehidupan gadis yang menginjak dewasa dengan kodratnya yang khas. Semuanya terpadu dalam pribadi yang penuh harapan, cita-cita dan cinta yang tidak terlepas dari konflik dilema tantangan yang menyelimuti kehidupannya."Hal itulah yang menjadi isi sentral dalam karya tari ini yang ditata dalam suatu bentuk susunan tari kelompok." katanya. Tari Godeg Ayu diusulkan menjadi tarian khas Kota Depok, Jawa Barat.

    Tari Topeng Cisalak

    Tari Topeng Cisalak (https://depokonline.com)

    Nama Topeng Cisalak sendiri diberi orang tuanya berdasarkan tempat menetap dan kesenian topeng berkembang saat itu di Kampung Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Padahal pertama kali muncul tahun 1918 Topeng Cisalak bernama topeng Kinang oleh dua pelopornya Djioen dan Mak Kinang.

    Beberapa gerakan dasar tarian pembuka semisal rapat nindak, tenggang rapat, pakbang dan blongter dilakukannya dengan sangat baik. Terkadang ayunan badannya yang luwes diiringi senyum simpul godaan para nayaga yang tepat berada di balik tirai. Sejurus kemudian sang penari membalikkan badannya membelakangi penonton dengan tidak henti-hentinya menggoyangkan bagian pinggulnya. Diambilnya topeng berwarna putih sebagai tarian topeng pembuka dari tiga tarian yang akan dimainkannya dalam tarian Topeng Tunggal.

    Topeng putih merupakan Topeng Panji yang melambangkan kelembutan tersebut dibawakannya lewat tarian yang lemah lembut. Konon, kelembutan tarian topeng itu sekaligus sebagai tarian untuk menyambut penonton setiap pegelaran tari topeng Cisalak maupun Topeng Betawi. Usai mengenakan topeng Panji, sang penari pun kembali berbalik membelakangi penonton. Ditaruhnya topeng tersebut dan dikenakannya topeng berwarna merah muda (topeng Sanggah). Gerakan penari terlihat lebih atraktif dan agresif.

    Tari Nayuban

    Tari Nayuban (https://dwikusmayanti.blogspot.co.id)

    Tari Nayuban, merupakan penampilan tarian Khas asal tanah Baru, Depok, yang merupakan cikal bakal tarian doger karawang, dan jaipongan Jawa Barat.

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says