PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: June 17, 2016 / comment : 0

    Menelusuri 10 Masjid Termegah Dan Terindah Di Indonesia  

    "Selain sebagai tempat beribadah bagi ummat muslim keberadaan masjid dengan bentuknya yang megah dan indah juga bisa dijadikan sebagai Tempat Wisata Religi"

    Masjid Agunga Jawa Tengah

    ReyGinaWisata -Sebagai negara Islam terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak bangunan masjid yang megah dan indah. Bangunan ini menjadi rumah bagi seluruh ummat muslim yang ingin berkomunikasi dengan pencipta-NyA. Selain sebagai tempat beribadah bagi ummat muslim keberadaan masjid dengan bentuknya yang megah dan indah juga bisa dijadikan sebagai Tempat Wisata Religi untuk melihat dan menikmati keindahan dari masjid-masjid ini yang menjadi representasi arsitektur tentang Islam dan Muslim. 

    Masjid Megah dan Indah bisa Anda temukan diberbagai daerah di Indonesia seiring dengan semakin luasnya penyebaran Agama Islam di Indonesia. Ada banyak masjid megah dan indah didirikan di wilayah Indonesia dengan gaya arsitektur yang terlihat sangat menakjubkan dari luar dan sangat memukau dari dalam masjid seperti kemegahan Masjid Kubah Emas Dian Al-Nahri di Depok, Jawa Barat atau Keindahan Arsitektur dari Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang.

    Berikut 10 Masjid Termegah Dan Terindah Di Indonesia yang dapat Anda kunjungi untuk tempat beribadah atau hanya untuk melihat keindahan arsitekturnya yang memang sangat mengagumkan.

    1.  Masjid Agung Kediri, Jawa Timur


    Masjid Agung Kediri

    Masjid Agung Kediri adalah salah satu masjid Termegah dan Terindah di Indonesia yang dibangun pertama kalinya pada tahun 1771 masehi. Setelah dilakukan renovasi beberapa kali masjid yang terletak di Jalan Panglima Soedirman yang memiliki luas bangunan 1.388,8 meter persegi diatas areal seluas 4780,6 meter persegi yang terdiri dari bangunan bertingkat tiga dengan fasilitas parkir yang luas, kamar mandi, wc dan 80 kran tempat wudhu.
    Masjid yang memiliki menara setinggi 49 meter dengan air mancur di depannya ini akan terasa sejuk bila kita berada di dalamnya. Dengan hamparan marmer berwarna abu-abu dengan gaya arsitektur Romawi yang bisa dilihat dari seni mozaiknya marmernya serta hiasan pada cungkup masjid serta banyaknya tiang yang ada yaitu sebanyak 106 kolom menjadikan Masjid Agung Kediri menjadi salah satu Masjid Terindah Di Indonesia. 6. Masjid Raya Baitulrrahman, Nangroe Aceh Darussalam

    2. Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri, Depok


    Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri

    Masjid Dian Al-Mahri yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas adalah salah satu Masjid Terindah Di Indonesia yang terletak di Jalan Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Kabupaten Depok, Jawa Barat. Selain sebagai tempat ibadah bagi ummat muslim, kompleks kawasan Masjid Kubah Emas juga merupakan Tempat Wisata Religi yang menarik perhatian banyak orang karena keindahannya.

    Masjid yang dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten pada tahun 2006 ini memiliki luas 8.000 meter persegi dan dapat menampung jama'ah sekitar 20.000 orang. 


    Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri

    Keunikan dari Masjid Dian Al-Mahri yang memiliki 5 kubah yang seluruhnya dilapisi oleh emas setebal 2-3 mm dengan mozaik dari kristal. Selain itu di dalam masjid juga terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton. Bukan itu saja keindahan dari masjid ini, Pada tempat imam juga terdapat hiasan relief yang terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar dilantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sementara mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan Prado atau sisa emas.

    Secara umum gaya arsitektur Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri mengikuti gaya arsitektur timur tengah dengan ciri Kubah Menaret (Menara), halaman plaza serta hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk sehingga tidaklah berlebihan jika Masjid Dian Al-Mahri sebagai Masjid Terindah dan Termegah di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.   

    3. Masjid Istiqlal, Jakarta 


    Masjid Istiqlal

    Masjid Istiqlal adalah masjid termegah dan terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di Jakarta, Indonesia yang dirancang oleh Fredrerich Silaban. Sebagai masjid nasional Indonesia, Masjid Istiqlal diharapkan dapat menampung jamaah dalam jumlah besar karena itu arsitekturnya menerapkan gaya minimalis dengan mempertimbangkan keberadaannya di kawasan beriklim tropis.

    Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Istiqlal juga merupakan Tempat Wisata Religi, Pusat Pendidikan Agama dan Pusat Aktivitas Syiar Islam. Dengan mengunjungi masjid ini para jamaah dan wisatawan dapat melihat keunikan arsitektur masjid yang merupakan perpaduan antara arsitektur Indonesia, Timur Tengah dan Eropa.    

    4. Masjid Islamic Centre, Samarinda


    Masjid Islamic Centre Samarinda

    Masjid Islamic Centre Samarinda adalah Masjid Terindah Dan Termegah selanjutnya di Indonesia. Masjid yang terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Masjid ini merupakan Masjid Termegah dan Terbesar Di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal, Jakarta dan Masjid Al-Akbar.

    Masjid yang memiliki luas banguanan 43.500 meter persegi memiliki 7 menara setinggi 99 meter yang melambangkan Asmaul Husna atau nama-anam Allah SWT yang jumlahnya 99. Menara utama terdiri atas bangunan 15 lantai yang masing-masing lantainya setinggi 6 meter. 

    Selain memiliki menara utama, bangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. 4 menara setinggi 70 meter dan 2 menara lainnya setinggi 57 meter. 

    5. Masjid Raya Baiturrahman, Nangroe Aceh Darussalam


    Masjid Baiturrahman

    Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di pusat kota Banda Aceh adalah salah satu Masjid Termegah dan Terindah Di Indonesia dan juga merupakan salah satu Situs Sejarah yang mampu bertahan hingga hari ini. Masjid yang dibangun pada saat Kesultanan Aceh sekitar tahun tahun 1022 H atau 1612 Masehi yang dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam.  

    Masjid Baiturrahman

    Sebagai tempat bersejarah yang memiliki nilai seni tinggi, Masjid Raya Baiturrahman juga merupakan Tempat Wisata Religi yang mampu membuat wisatawan yang datang berdecak kagum akan sejarah dan keindahan arsitekturnya. Dimana Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu Masjid Termegah dan Terindah di Indonesia yang memiliki gaya arsitektur yang memukau, ukiran yang menarik, halaman yang luas dengan kolam air mancur bergaya arsitektur Kesultanan Turki Utsmani.  

    6. Masjid Al-Markaz Al-Islami, Makassar


    Masjid Al-Markaz Al-Islami

    Masjid Al-Markaz Al-Islami merupakan sebuah masjid terindah selanjutnya yang terletak di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid yang diresmikan pada tahun 1996 merupakan salah satu pusat ibadah agama Islam terbesar dan termegah di Asia Tenggara. Masjid yang terdiri dari 3 lantai yang seluruhnya di lapisi Batu Granit. 

    Gaya arsitekturnya banyak dipengaruhi oleh Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Jika Anda memasuki masjid ini, Anda akan menemukan nuansa sejuk dan hijau dari masjid.

    7. Masjid Rahmatan Lil-Alamin, Indramayu


    Masjid Rahmatan Lil-ALamin

    Masjid Rahmatan Lil-Alamin merupakan masjid termegah dan terindah yang berlokasi di Desa Mekarjaya, Kecamatan Heurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat bergaya tradisional kontemporer. Desainnya mencakupi masjid-masjid diseluruh dunia. Bentuk lengkungan pada Mihrab misalnya mengadopsi mengadopsi lengkungan Masqura Masjid Cordoba yang dibangun oleh Umayyah. Sedangkan betuk lengkungan pada empat gerbang utama masjid mengadopsi lengkungan yang lazim digunakan pada masjid di Mesir yang dibangun oleh Fatimiyah.Dan sebagai prasarat untuk ketahannya digunakan bahan granit yang bisa bertahan hingga ribuan tahun lamanya.   

    8. Masjid Agung Jawa Tengah


    Masjid Agung Jawa Tengah

    Masjid Agung Jawa Tengah merupakan sebuah masjid yang dibangun di Kota Semarang, Jawa Tengah yang mulai diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Masjid yang dirancang dengan gaya arsitektual campuran Jawa, Islam dan Romawi di arsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa namun dibagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter ditiap penjuru atapnya sebagai bentuk bangunan masjid universal Islam lengkap dengan satu menara terpisah dari bangunan masjid setinggi 99 meter.

    Gaya Romawi terlihat dari bangunan 25 pilar dipelataran masjid. Pilar pilar bergaya koloseum Athena di Romawi dihiasi kaligrafi kaligrafi yang indah, menyimbolkan 25 Nabi dan Rosul, di gerbang ditulis dua kalimat syahadat, pada bidang datar tertulis huruf Arab Melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti“. 

    Masjid Agung Jawa Tengah ini, selain disiapkan sebagai tempat ibadah, juga dipersiapkan sebagai objek wisata religius. Untuk menunjang tujuan tersebut, Masjid Agung ini dilengkapi dengan wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar berbagai kelas, sehingga para peziarah yang ingin bermalam bisa memanfaatkan fasilitas. 

    9. Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru


    Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

    Masjid Agung An-Nur merupakan salah satu masjid termegah dan terindah di Pekanbaru. Masjid yang diresmikan pada tahun 1968 yang juga merupakan Masjid Termegah Dan Terindah Di Indonesia banyak mendapat pengaruh arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India.

    Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru, Provinsi Riau ini disebut-sebut sebagai Taj Mahalnya Provinsi Riau. Masjid yang dirancang oleh arsitektur Ir. Ruseno dapat menampung sekitar 4.500 jama'ah.   


    10. Masjid Agung Tuban, Jawa Timur


    Masjid Agung Tuban

    Masjid Agung Tuban adalah salah satu masjid yang berdiri dengan sangat megah dan indah ditengah alun-alun kota Tuban, Jawa Timur. Masjid yang didirikan oleh Adipati Raden Ario Tedjo, Bupati Tuban pertama yang beragama Islam pada abad ke-15 saat Tuban masih di kuasai oleh Kerajaan Majapahit.

    Secara keseluruhan setelah dilakukan beberapa kali renovasi, gaya arsitektur Masjid Agung Tuban merupakan perpaduan gaya arsitektur masjid seperti, Tampilan luar masjid mengadopsi gaya Masjid Imam di Iran, Interiornya mengadopsi gaya Masjid Cordoba di Spanyol. Semetara arsitektur khas Jawa terdapat pada ukiran tangga yang terbuat dari bahan kuningan.

    Nah itulah keberadaan 10 Masjid Termegah dan Terindah Di Indonesia yang dapat Anda nikmati sebagi tempat beribadah dan juga sebagai tempat wisata religi. Semoga dengan dibangunnya masjid-masjid ini akan menambah keimanan kita kepada Allah SWT.

     

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says