PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: October 03, 2014 / comment : 0

    Curug Sedudo
    Wisata Curug Sedudo merupakan air terjun dan obyek wisata yang terletak di Desa Ngliman-Kecamatan Sawahan - Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota Nganjuk, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses.

    • Keistimewaan Curug Sedudo

    Istimewanya, pengunjung dapat menikmati indahnya pancuran air raksasa yang meluncur dari ketinggian bukit. Selain menikmati wisata alam, wisatawan juga dapat menikmati wisata budaya. Pada hari-hari biasa tingkat kunjungan wisatawan tidak terlalu ramai, berbeda dengan tingkat kunjungan wisatawan pada Bulan Suro (bulan pertama pada Kalender Jawa). Masyarakat di sekitar air terjun memiliki kepercayaan bahwa Air Terjun Sedudo mempunyai kekuatan supranatural. Menurut mitos yang berkembang.

    Air Terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara Parna Prahista, yaitu usance memandikan arca, yang kemudian sisa airnya dipercikan kepada anggota keluarga medium mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang, pihak pemerintah Kabupaten Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual “Mandi Sedudo” setiap tahun baru Jawa tersebut, Oleh karena lokasi air terjun berada di lereng Gunung Wilis, maka wisatawan bisa sekalian menikmati picture Gunung Wilis atau bahkan melakukan pendakian. Diorama Air Terjun Sedudo sangat memikat, karena lokasinya berada di lereng Gunung Wilis, yakni sebuah gunung tidak aktif dengan ketinggian 2.552 dpl, di selatan kota Nganjuk.

    • Mitos Curug Sedudo

    Masyarakat setempat masih mempercayai, air terjun ini memiliki kekuatan supra Natural. Lokasi wisata alam ini ramai dikunjungi pada bulan Sura (kalender Jawa). Konon mitos yang ada sejak Zaman Majapahit, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orangutang yang mandi di air terjun tersebut.

    Upacara Parna Prahista;
    Upacara Parna Prahista


    Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo dipergunakan untuk Upacara/Ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga supaya mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang pihak Pemerintah kabupaten Nganjuk secara rutin melaksanakan acara Ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.

    • Akses ke Curug Sedudo

    Wisatawan yang berminat mengunjungi Air Terjun Sedudo dapat mencapai Kota Nganjuk melalui arah Surabaya atau Yogyakarta. Dari arah Surabaya, Nganjuk berjarak sekitar 110 km, sedangkan dari Yogyakarta sekitar 200 km. Perjalanan dapat ditempuh dengan angkutan umum (bus) maupun kendaraan pribadi.

    Dari kota Nganjuk, wisatawan masih harus menempuh perjalanan sejauh 30 km ke arah selatan ibukota kabupaten. Jalur transportasi ke arah lokasi wisata terbilang baik karena jalannya yang mulus. Namun demikian, karena lokasinya di gunung, jalan menuju Air Terjun Sedudo cenderung menanjak, naik-turun, dan berkelok-kelok. Kondisi jalan seperti ini tentu sulit untuk dilewati oleh kendaraan umum seperti bus. Oleh karena itu, bila berniat berwisata ke air terjun Sedudo, sebaiknya gunakan kendaraan roda empat non-bus (kendaraan pribadi).

    Lihat Peta berikut ini untuk Panduan Anda:


    Lihat Wisata Indonesia di peta yang lebih besar

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says