PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: January 09, 2015 / comment : 1

    Pakaian pernikahan adat Nusa Tenggara Timur (https://www.gopixpic.com)

    Menikah dengan menggunakan adat asli dari daerah asal memang memberikan kesan yang lebih khidmat dan sakral. Tradisi menikah di berbagai daerah memang berbeda-beda. Ini dikarenakan setiap daerah memiliki budaya dan kepercayaan yang dijunjung tinggi dan masih dijalankan hingga kini. Apalagi Indonesia mempunyai beragam daerah dengan beragam budayanya.

    Banyak orang merasa perlu untuk menjadikan pernikahannya lebih sakral, dengan mengadakan upacara pernikahan adat daerahnya. Pernikahan merupakan momen penyatuan dua pasangan yang saling mencintai dan ingin menjalankan kehidupan bersama dan terikat oleh hukum pernikahan yang berlaku.

    Di daerah NTT sendiri, ada beberapa adat pernikahan yang sangat penting untuk meningkatkan kemeriahan acara pernikahan anda. Di daerah Bima, NTT, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh kedua mempelai pada upacara penikahannya.

    Tahapan palinga

    Tahapan ini merupakan awal dari semua prosesi adat yang harus dilalui oleh mempelai. Pada tahapan ini, jejaka akan mencari perempuan yang dapat dijadikan sebagai tambatan hati dan teman menjalani sisa hidup ini.

    Saat sang jejaka telah menemukan perempuan yang diinginkan, orang tuanya akan mengirim utusan untuk mencari apakah sang perempuan yang dipilih telah memiliki seseorang atau belum. Jika belum, proses pinangan menjadi tahapan selanjutnya yang harus dilakukan.

    Peminangan

    Setelah menyepakati hari pinangan, proses peminangan ini akan dilakukan oleh keluarga mempelai pria yang akan datang ke rumah mempelai perempuan dengan membawa seserahan dan mahar bersama iring-iringannya.

    Upacara malam kapanca

    Upacara ini dilakukan sehari sebelum hari pernikahan. Pada malam sehari sebelum pernikahan, di kediaman pengantin perempuan akan diadakan acara pemakaian inai atau pacar. Dengan menghias diri dengan inai atau pacar, mempelai perempuan akan terlihat lebih menawan.

    Akad nikah

    Setelah upacara malam kapanca, hari akad nikah yang ditunggu akhirnya berlangsung. Pada acara akad nikah, sebelum bisa memasuki rumah pengantin perempuan yang merupakan tempat akad, rombongan mempelai pria akan dihadang oleh ibu-ibu yang membawa galah. Tradisi unik ini masih dilaksanakan hingga kini.

    Acara tokencai

    Karena pada acara akad, mempelai perempuan tidak dihadirkan dan disembunyikan di dalam kamar, pada acara tokencai ini, mempelai pria dipersilahkan untuk menjemput mempelai perempuan yang berada di kamar.

    Sebelum memasuki kamar, mempelai pria harus mengetuk pintu terlebih dahulu dan berbalas pantun dengan mempelai perempuan. Pintu akan dibuka apabila mempelai pria menyanggupi syarat yang diajukan oleh perias pengantin.

    Sumber: Wedding perempuan

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    1 for Prosesi Pernikahan Adat Nusa Tenggara Timur

    1. Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography.
      Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.
      Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)

      ReplyDelete

Comments

The Visitors says