PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: January 18, 2015 / comment : 0


    Makanan atau Jajanan khas pastilah dimiliki oleh masing-masing provinsi dan kebudayaan masyarakat di Indonesia. Mulai dari pembuatannya yang mudah sampai yang sulit. Makanan atau Jajanan khas pada umumnya memang berasal dari daerah tersebut namun ada juga dari adopsi daerah lain yang di khaskan oleh daerah tersebut.

    1. Bolu Kemojo

    Bolu Kemojo (https://catatan-rie.blogspot.com)

    Bolu Kemojo adalah jajanan khas Pekanbaru, yang dipopulerkan kembali oleh ibu Dinawati yaitu pada tahun 1998. Kue Bolu ini sebelumnya hanya dibuat untuk sekedar konsumsi dalam keluarga saja, dan tidak dijual secara komersial apalagi dijual sebagai jajanan oleh-oleh kota pekanbaru. Tapi dengan tekad yang kuat untuk menjadikan kue bolu ini sebagi jajanan khas riau, dan kemudian beliau merintis membuka gerai pertamanya yang berkantor di Jalan Pelajar, yang sekarang Bolu Kemojo bisa didapatkan di beberapa toko oleh-oleh di Jalan Sudirman atau di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Dari awalnya yang hanya rasa pandan, sekarang sudah ada belasan varian rasa bolu kemojo.

    2. Asidah

    Asidah (https://www.kaskus.co.id)

    Kue ini namanya Asidah, teksturnya lembut dan rasanya manis perpaduan rempah seperti cengkeh, kayu manis dan daun pandan. yg anehnya kue ini dimakan pake bawang goreng. kue ini bisa dibentuk sesuka hati.

    3. Kue Bangkit

    Kue Bangkit (https://istanasiak.blogspot.com)

    Kue kering ini berbahan dasar tepung rasanya manis,renyah dan enak. Rasanya manis legit dengan rasa lembut dilidah, juga gurih.

    4. Cencalok

    Cencalok (https://mpspeedy-009-sma.blogspot.com)

    Cencalok merupakan sejenis lauk dalam hidangan tradisional melayu. makanan ini dibuat dari udang halus, cencaluk mengandungi kandungan protein yang tinggi.

    5. Lempok Durian

    Lempok Durian (https://onriau.com)

    Lempok Durian adalah salah satu Jenis Makanan Khas dari Riau yang terbuat dari Durian, lempuk ini berbentuk seperti dodol. Selain di Riau,lempuk juga dapat dijumpai di daerah lain di Sumatera. Siapa yang tak kenal dengan lempok durian, "Makanan Khas Riau" ini berasal dari Kabupaten Bengkalis, bahkan lempok sudai menjadi ikon Bengkalis, jika kita berkunjung ke Bengkalis kurang lengkapnya jikanya tidak membeli buah tangan Lempok Durian.

    6. Kacang Pukul Bagansiapiapi

    Kacang Pukul Bagansiapiapi (https://www.kaskus.co.id)

    Kita lanjut ke oleh oleh khas Pekanbaru berikutnya yaitu kacang pukul Bagansiapiapi BaganSiapiapi adalah salahsatu kota Pelabuhan di propinsi Riau yang terletak di Kabupatan Rokan Hilir. Kacang Pukul merupakan oleh-oleh khas Riau yang banyak diproduksi masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi sejak turun temurun.

    Jika kita lihat dan rasakan, kacang pukul ini mengingatkan kita dengan makanan khas Jawa yaitu enthing-enthing gepuk. Rasanya manis bercampur gurih dan didalamnya ada kacang yang sudah ditumbuk. Di Bagansiapiapi kacang ini sangat terkenal dan karena letak kota yang dekat dengan jalur perdagangan duni (Selat Malaka) maka makanan ini pun menyebar hingga ke Negara lain. Kacang pukul ini banyak tersedia di toko oleh oleh di Pekanbaru.

    7. Keripik Nenas

    Keripik Nenas (https://daunhijau.com)

    Nenas adalah salah satu buah yang melimpah di Pekanbaru. Dengan sentuhan kreatif dari masyarakat kini buah nenas bisa dinikmati dalam bentuk yang lain yaitu bentuk keripik. Cara membuat keripik nenas ini dengan mengupas dalam bentuk tipis lalu direbus. Setelah direbus kemudian diberikan bumbu dan dijemur di matahari. Setelah dijemur pada panas matahari kemudian digoreng sehingga menjadi keripik dengan rasa yang khas dan enak.

    Keripik nenas bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin membawa oleh oleh khas Pekanbaru untuk keluarga di rumah. Keripik ini banyak tersedia di toko oleh oleh di kota Pekanbaru. Penasaran? Makanya buruan cobain keripik nenas yang lezat ini.

    8. Dodol Kedondong

    Dodol Kedondong (https://food.detik.com)

    Ada yang tidak tau buah kedondong? Buah yang bijinya punya serabut ini rasanya masam dan biasa digunakan sebagai rujak. Ternyata buah ini juga bisa diolah menjadi oleh oleh khas Pekanbaru yang unik. Di Rengat, Riau, kedondong ternyata diolah menjadi dodol yang nimat rasanya. Seperti halnya dodol lainnya dodol kedondong ini juga terbuat dari bahan-bahan seperti buah kedondong, gula, dan juga wijen. Warna dodol ini cokelat lebih terang, tidak seperti dodol lainnya yang biasanya berwarna gelap. Rasanya tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu asam namun baunya harum memikat.

    9. Laksamana Mengamuk

    Es Laksamana Mengamuk (https://kuliner.grosirkeripik.com)

    Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman dingin yang menggunakan buah kuini sebagai bahan utama. Konon, keberadaan minuman ini berawal dari mengamuknya seorang laksamana di kebun kuini. Laksamana tersebut mengamuk lantaran istrinya dibawa lari oleh pemilik kebun kuini tersebut. Sang laksamana menebas-nebaskan pedangnya ke seluruh penjuru, hingga puluhan buah kuini hancur karena kemarahannya ini. Usai sang laksamana menuntaskan kemarahannya dan pulang, orang-orang di sekitar kebun kuini mengambil puluhan buah kuini yang sudah tercincang dan terhampar di rumput. Pada awalnya, orang-orang tersebut bingung, akan diapakan buah kuini yang telah terpotong-potong tersebut. Hingga salah seorang wantia, mencampurkan potongan-potongan buah kuini itu dengan air santan dan gula merah. Jadilah minuman segar, yang pada waktu itu, langsung dinikmati oleh orang sekampung.

    10. Air Mata Pengantin

    Es Air Mata Pengantin (https://indonesiawow.com)

    Es air mata pengantin terdiri dari bermacam agar-agar berwarna-warni. Es ini sekaligus dilengkapi biji selasih, nata de coco, dan blewah serta serutan es batu.

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says