PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: January 30, 2015 / comment : 0


    Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat dibanggakan oleh sebagian besar warga Indonesia dan cukup banyak diminati oleh wisatawan mancanegara. Bahkan belakangan ini para pengrajin batik mulai menciptakan berbagai inovasi untuk melahirkan motif baru yang semakin menambah keanekaragaman kain tradisional Indonesia. Selain dikenal sebagai daerah penghasil kain tenun ikat, propinsi Nusa Tenggara Timur rupanya juga mengembangkan kerajinan batik yang memiliki keunikan tersendiri. Beberapa motif kain batik yang dijual di kota Kupang memiliki banyak kemiripan dengan kain tenun ikat namun harganya jauh lebih murah.

    Batik Kupang

    Sumber : https://id.indonesia.travel

    Tujuan dibuatnya batik kupang ini konon semata-mata bertujuan untuk memperkenalkan motif khas Nusa Tengara Timur secara nasional. Mulanya kain batik yang dibuat dengan mengadaptasi motif kain dari daerah timor hanya terbatas pada daerah Timor Tengah Selatan dan Timor Tengah Utara. Namun melihat respon konsumen yang cukup bagus maka dibuatlah motif-motif dari daerah lain yang menampilkan berbagai tokoh mitos, binatang, tumbuhan, dan motif abstrak yang dijiwai dari penghayatan akan alam semesta.

    Batik Kupang


    Sumber : https://matahatiku.com

    Batik Kupang

    Sumber : https://lodwykshop.blogspot.com

    Kain batik kupang dikenal memiliki kualitas yang cukup bagus. Selain ringan ketika dikenakan kain ini juga tidak mudah luntur, hal ini dipengaruhi oleh pembuatannya yang memanfaatkan zat kimia sebagai pewarna. Kain batik dengan corak tradisional ini, cukup banyak diminati oleh masyarakat luas terutama oleh para Pegawai Negeri Sipil sebagai seragam kerja mereka. Hal ini didasari oleh peraturan pemerintah setempat yang mewajibkan pegawainya untuk menggunakan kain batik khas daerah tersebut setiap dua kali dalam seminggu.

    Batik Kupang

    Sumber : https://geobatik.com

    Salah satu kain batik yang berasal dari daerah Kupang yaitu motif batik gniss yang dalam pembuatannya mendapat inspirasi dari Sayatan Batuan Gniss yang tersingkap di Daerah Tanini, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Batuan Gniss termasuk batuan Metamorf dengan ciri khas berwarna keunguan atau coklat keunguan, dengan struktur Gniss Tuse yang di bentuk oleh mineral-mineral Mika dan Garnet yang diperkirakan terbentuk 70 juta tahun yang lalu.

    Batik Kupang

    Sumber : https://rumahjahithaifa.com

    Batik Kupang

    Sumber : https://amaboro.blogspot.com

    Pemasaran kain batik Kupang ini tersebut tidak hanya terbatas di wilayah Nusa Tenggara Timur saja, namun mulai merambah ke daerah lain di Indonesia seperti Jawa, Bali dan Kalimantan.

    Batik Kupang

    Sumber : https://matahatiku.com

    Bagi sahabat GPS Wisata Indonesia pecinta kain batik, anda bisa menjadikan batik kupang sebagai koleksi pribadi anda. Semoga bermanfaat.

    Sumber: Fitinline

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says