PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: January 16, 2015 / comment : 0


    Dari beberapa daerah di Sumatra, racikan rasa pedas dan gurih selalu menjadi ciri khasnya, termasuk di Sumatera Barat. Sahabat GPS Wisata Indonesia, bila anda hobi memasak cobalah Kuliner Khas Padang, Sumatera Barat, tentunya resepnya banyak didapatkan di Dunia Maya (Internet).

    Bila sebaliknya, anda ingin praktis, langsung saja pergi ke Rumah Makan Padang, merupakan salah satu jenis restoran yang bisa ditemui di hampir seluruh kota di Indonesia. Rumah makan jenis ini sangat digemari karena menyajikan berbagai menu yang tidak hanya khas, namun juga memiliki rasa yang luar biasa lezat, menjadi favorit banyak kalangan di Indonesia.

    1. Rendang

    Rendang (https://masteresep.com)

    Kelezatan masakan yang satu ini sepertinya sudah mendunia. Rendang adalah sebuah menu yang wajib ada di setiap Restoran Padang. Masakan ini kelezatannya bahkan sudah diakui kelezatannya oleh kalangan internasional, bahkan beberapa waktu yang lalu dicantumkan ke dalam daftar masakan paling enak di dunia versi CNN.

    Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak bersama kuah santan dan bumbu-bumbu khas Padang lainnya. Menyantap masakan ini ditemani dengan sepiring nasi hangat dan segelas es teh adalah salah satu hal paling nikmat yang bisa dirasakan di Indonesia.

    2. Soto Padang

    Soto Padang Mangkuto (https://www.foodspotting.com)

    Soto merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang bisa ditemui di seluruh penjuru tanah air. Dari ranah Sumatera, Soto Padang bisa dianggap sebagai salah satu jenis soto paling populer dengan cita rasa yang sangat lezat. Masakan ini bahkan sudah disajikan ke berbagai restoran internasional dengan rasa dan metode memasak yang sudah dimodifikasi.

    Soto Padang terbuat dari irisan daging sapi. Daging sapi yang dipergunakan tidak sembarangan, melainkan hanya bagian has dalam saja, sehingga memiliki tingkat kekenyalan yang pas namun tetap terasa empuk. Masakan ini cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai menu utama.

    3. Dendeng Balado

    Dendeng Balado (https://www.top10indo.com)

    Dendeng adalah irisan tipis daging kering yang sering digunakan sebagai bahan utama dalam masakan Indonesia. Dendeng awalnya ditemukan oleh masyarakat Minangkabau. Pada awalnya mereka membuat masakan dari daging sapi dan membuatnya kering sehingga dapat dimakan selama berhari-hari dan dibawa pergi saat melakukan perjalanan.

    Dendeng Balado merupakan hidangan dendeng yang paling populer di Indonesia. Masakan ini disebut juga dengan nama Dendeng Batokok dan terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis kemudian dikeringkan dan digoreng sebelum ditambah dengan cabai dan bahan-bahan lainnya yang disebut dengan nama "balado".

    4. Kalio Daging (Rendang Setengah Jadi)

    Kalio Daging (https://loveinapieceoftaste.wordpress.com)

    Tak lengkap rasanya apabila sudah mengunjungi Rumah Makan Padang tanpa menyantap masakan khas yang satu ini. Kalio Dagiang atau Rendang setengah jadi, memiliki rasa dan tekstur yang benar-benar memuaskan lidah para pecinta kuliner Indonesia. Kelezatan masakan ini tak bisa ditandingi oleh makanan Padang lainnya dan juga memiliki kandungan nutrisi dan kalori yang cukup tinggi.

    Kalio Dagiang merupakan sebuah gulai yang terbuat dari daging sapi. Dimasak bersama dengan berbagai rempah-rempah dan cabai, daging direbus dalam waktu yang cukup lama sehingga memiliki tekstur yang sangat lembut dan sudah menyerap rasa dan aroma dari berbagai bumbu. Sekali gigit, anda pasti akan terhipnotis oleh kelezatannya.

    5. Gulai Kepala Ikan

    Gulai Kepala Ikan (https://tips-cara.info)

    Kepala ikan banyak disajikan di wilayah Asia seperti Tiongkok, Indonesia serta Jamaika. Di Indonesia masyarakat Sumatra Barat, Medan, dan Aceh mengolah kepala ikan menjadi gulai dengan berbagai rempah dan bumbu sedap.

    Di Sumatera Barat, gulai kepala ikan biasanya menggunakan kepala ikan kakap merah dan ikan kerapu. Karena ikan ini tebal dagingnya. Sebelum dimasak, ikan kakap terlebih dahulu dilumuri air jeruk nipis untuk menimalisir bau amis.

    Gulai kepala ikan pastinya tak lengkap tanpa racikan bumbunya yang kental gurih. Bumbu halusnya meliputi bawang, cabai, tomat, kunyit, ketumbar, dan jahe untuk warna gulai yang kuning. Tambahan serai, daun kunyit, daun jeruk, dan lengkuas menambah aroma sedap gulai.

    Ditanggung, dua piring nasi yang disajikan di Rumah Makan Padang akan ludes, dimungkinkan akan minta untuk ditambah lagi.

    6. Ayam Pop

    Ayam Pop (https://www.sayangi.com)

    Ayam kampung yang diungkep dengan bumbu minimalis, direbus, dan kemudian digoreng sebentar. Warnanya masih pucat, tetapi rasanya sangat gurih. Itulah keistimewaan ayam pop.

    Ayamnya sungguh empuk, gurih, dan bertekstur lembut. Sambalnya berwarna jingga (oranye) dengan citarasa asam dari tomat dan bawang merah yang sungguh istimewa.

    Anda yang sedang kalap (baca: kalaparan) bisa menghabiskan 3-5 potong ayam pop di rumah makan ini.

    7. Gulai Itik (Bebek)

    Gulai Itik  (https://ilham0191.wordpress.com)

    Bebek atau itik merupakan salah satu bahan masakan yang menjadi primadona di berbagai negara. Bahan makanan ini juga merupakan salah satu dari bahan untuk membuat masakan Cina paling lezat, yaitu Bebek Panggang Peking. Di daerah Padang, itik juga diolah menjadi salah satu makanan khas paling enak yang bernama "Gulai Itiak".

    Pada dasarnya, Gulai Itiak adalah daging bebek yang diiris tipis-tipis, dimasak bersama dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti cabe kriting hijau, laos, kunyit, dan jahe. Masakan ini berasa pedas, dan memiliki warna kehijauan ketika disajikan.

    8. Gulai Kikil (Tunjang)

    Gulai Tunjang (https://kitabmasakan.com)

    Olahan masakan dengan berbahan utama kaki sapi yang dikenal dengan sebutan gulai tunjang atau kikil. Kikil yang merupakan makanan yang lezat dan tinggi kalsium.

    Mula-mula tunjang dipotong-potong sepantasnya, dikerik bulunya dengan pisau silet yang sangat tajam (cutter) lalu dibakar hingga licin. Setelah itu direbus hingga empuk, dimasukkanlah bumbu halusnya, lalu disantani. Aduk-aduk, sampai tercampur rata baru dimasukkanlah daun kunyit, lengkuas, daun jeruk dan sereh. Masak hingga matang sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Garami dan rasakan nikmatnya.

    9. Sate Padang

    Sate Padang (https://www.top10indo.com)

    Sate Padang merupakan sate yang dibuat dengan berbagai resep khusus dari Padang, Sumatera Barat. Masakan ini dibuat dari daging sapi yang dipotong dadu kecil dengan saus pedas di atasnya. Karakteristik utamanya adalah saus kuning yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan kaldu jeroan pedas, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas akar, jinten, bubuk kari dan garam. Di Medan, Sate Padang tidak hanya menggunakan daging sapi tetapi juga daging ayam dan kambing. Makanan yang lezat ini memiliki kandungan kolesterol yang tinggi sehingga tidak baik jika disantap terlalu sering. Sate Padang paling nikmat disantap bersama sepiring nasi putih dan segelas es teh dingin.

    10. Ikan Balado

    Ikan Balado (https://www.top10indo.com)

    Balado merupakan salah satu sambal dari Sumatera Barat (dari daerah Minang). Kebanyakan Restoran Padang memiliki resep balado khasnya sendiri. Bahan dasar dari sambal ini adalah bawang merah, cabe, tomat, air jeruk nipis, garam dan gula. Tak hanya di Indonesia, masakan ini juga sangat digemari oleh masyarakat negeri tetangga, khususnya Malaysia dan Singapura. Biasanya, sambal balado tersebut dicampur dengan ikan goreng serta sayuran rebus. Ikan yang dicampur dengan balado yang memiliki rasa pedas-manis yang tajam terasa lebih spesial di lidah dan mampu membangkitkan selera makan kita.

    11. Gulai Paku

    Gulai Paku (https://www.top10indo.com)

    Dikenal juga dengan nama "Gulai Pakis", gulai paku, adalah hidangan klasik Indonesia yang lezat dan memiliki cita rasa yang unik. Bahan makanan khas Padang ini adalah daun pakis yang dimasak dalam saus kelapa yang dibumbui dengan cabai, lengkuas, dan jahe. Gulai Paku adalah salah satu menu vegetarian khas Padang yang layak dicoba.

    Tentu saja, membayangkan menyatap daun pakis mungkin terasa aneh bagi anda. Namun jangan salah, bahan tersebut ternyata sangat enak untuk disantap. Biasanya, Gulai Paku disajikan bersama ketupat dan disajikan untuk menyambut Hari Raya.

    12. Teh Talua

    Teh Talua (https://www.top10indo.com)

    Teh merupakan sebuah minuman yang kelezatannya sudah diakui di seluruh dunia. Berbeda daerah, berbeda pula cara penyajian teh. Di Indonesia saja, ada bermacam-macam jenis teh yang biasa disajikan di berbagai restoran. Nah, jika kita berbicara tentang Restoran Padang, maka Teh Talua adalah salah satu menu yang wajib ada.

    Teh ini cukup unik karena penggunaan kuning telur yang dicampurkan saat proses penyajiannya. Telura ayam atau bebek dapat dipilih untuk dicampurkan ke dalam Teh Talua. Bahan-bahan lain selain teh dan kuning telur juga ditambahkan, antara lain adalah gula dan jeruk nipis.

    13. Karupuak Sanjai

    Kerupuk Sanjai (https://www.top10indo.com)

    Renyah, lezat, dan memiliki rasa yang ringan. Karupuak atau Kerupuk Sanjai adalah camilan ringan yang sangat cocok untuk mendampingi berbagai menu utama masakan khas Padang yang dikenal memiliki rasa yang sangat berat. Kerupuk ini seolah menjadi penyeimbang cita rasa sekaligus pembangkit selera yang cocok disantap kapan saja.

    Karupuak Sanjai terbuat dari singkong yang diparut, dibentuk adonan, lalu digoreng. Bumbu dari kerupuk ini sebenarnya cukup sederhana, hanya berupa garam secukupnya. Meskipun demikian, bumbu yang sederhana ini mampu menyajikan citarasa yang mengagumkan.

    Berbagai sumber

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says