PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: February 04, 2014 / comment : 0

    Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi

    Pelabuhan Ratu atau banyak juga yang menyebutnya Pantai Pelabuhan Ratu merupakan Obyek Wisata yang berada di Kabupaten Sukabumi, Pelabuhan Ratu dikenal karena Ombaknya yang cukup besar yang juga membahayakan bagi Perenang Pantai. Dibalik berbahayanya wisata tersebut,  Pelabuhan Ratu juga memiliki kelebihan tersendiri yang tidak terdapat pada Pantai-pantai lainnya di Indonesia, itulah mengapa Pelabuhan Ratu sudah cukup ternama di kalangan Wisatawan Lokal maupun Mancanegara. Berikut ini Saya mempunyai beberapa ulasan menarik tentang Pelabuhan Ratu, dari Keistimewaan, Sejarah sampai ke Mitos-mitosnya yang mungkin akan membuat Anda tertarik untuk berkunjung.
    • Keistimewaan Pelabuhan Ratu

    Pelabuhan Ratu merupakan Obyek Wisata yang mempunyai Panorama yang khas yaitu perpaduan antara Pantai yang cukup Curam, Pantai Landai dan juga Karang yang Terjal yang di latarbelakangi oleh Cagar Alam, Perbukitan dan juga Sungai yang alirannya cukup Deras yang dapat di gunakan untuk Arena Arum Jeram, cocok bagi Anda yang hobi akan Arum Jeram.

    Ombak Pelabuhan Ratu

    Pelabuhan Ratu cocok untuk Berselancar


    Bagi Anda yang hobi Surfing, di Pelabuhan Ratu mempunyai banyak  lokasi  untuk Surfing, yang Saya tau ada 9 lokasi yaitu: Sunset Beach, Karang haji, Batu garam, Indicator, Batu garam, Ombak tujuh,  Karang sari, Samudera Beach dan Ujung genteng. Di Bulan tertentu antara Bulan Mei sampai dengan Bulan Oktober lokasi Surfing tersebut selalu ramai dikunjungi para Peselancar, jadi Saya sarankan bagi Anda yang hobi Berselancar untuk datang di Bulan-bulan tersebut.

    Untuk di daratnya Anda bisa mengunjungi Sumber Air panas yang tidak terdapat kandungan Belerang, yang letaknya tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Ratu, yaitu Pemandian air panas Cisolok yang letaknya sekitar 10 Kilometer dari Pelabuhan Ratu.

    Pelabuhan Ratu juga terkenal sebagai tempat Berkembang-biaknya salah satu Fauna yang terancam punah yaitu Penyu yang merupakan Fauna yang sekarang dilindungi oleh Internasional. Namun Penyu-penyu tersebut masih sering ditangkap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk di ambil Cangkangnya yang dijadikan Cenderamata dan dikonsumsi dagingnya yang katanya mempunyai khasiat tersendiri, tapi saya tidak akan membahas khasiat Penyu tersebut karena kalau nanti saya ulas nanti malah Anda jadi ingin tau dan mencobanya :D.

    • Mitos Pelabuhan Ratu

    Warga sekitar percaya bahwa Obyek Wisata Pelabuhan Ratu merupakan tempat berkuasanya Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para Wisatawan tentunya, karena tidak sedikit Pengunjung yang melakukan Ritual atau Persembahan di Karang Hawu yang merupakan salah satu lokasi yang terdapat di Pelabuhan Ratu, yang katanya adalah tempat Persinggahan Nyi Roro Kidul yang juga terdapat banyak Mkam orang ternama, seperti: Eyang Sanca Manggala, Eyang Jalah Mata Makuta dan Eyang Syeh Husni Ali. Tidak sedikit pula Wisatawan yang mengunjungi tempat tersebut hanya sekedar melihat-lihat saja, karena di tempat tersebut terdapat Foto Nyi Roro Kidul yang lumayan besar.

    Lukisan Nyi Roro Kidul

    Lukisan Nyi Roro Kidul


    Sebagian besar Wisatawan baik itu Lokal maupun Mancanegara bisa dikatakan berkunjung ke Pelabuhan Ratu hanya karena Latar belakang misteri di banding keindahan Panoramanya, diwaktu tertentu sering diadakan Ritual atau Persembahan oleh Penduduk setempat sebagai rasa terima kasih terhadap Nyi Roro Kidul, contohnya pada Bulan April masyarakat sekitar Pelabuhan Ratu rutin mengadakan Ritual adat Hari Nelayan, yaitu Syukuran atas Rejeki yang mereka peroleh dari hasil Melaut dan juga agar dijauhkan dari segala macam bencana, yang biasanya sesajinya berupa Kepala Kerbau.

    • Sejarah Pelabuhan Ratu

    Karena Pelabuhan Ratu mempunyai Keunikan dan daya tarik tersendiri, pada tahun 1960 di bangun tempat peristirahatan di Tenjo Resmi oleh Bung Karno yang merupakan Presiden Republik Indonesia pada saat itu, selain itu Presiden Soekarno juga membangun bebrapa tempat seperti: Toko serba ada “Sakinah”, Bali Beach Hotel dan juga Samudera Beach Hotel yang merupakan Hotel mewah pertama di Indonesia yang di bangun dalam kurun waktu yang bersamaan dengan Hotel Indonesia yang terkenal dengan Bundaran HI nya, semua bangunan tersebut dibangun menggunakan dana hasil rampasan perang dari Jepang.

    • Lokasi dan Akses Pelabuhan Ratu

    Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu berada tepat di Desa Pelabuhan Ratu - Kecamatan Pelabuhan Ratu - Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat, sekitar 60 Kilometer dari Kota Sukabumi ke arah Selatan. Untuk Akses menuju Pelabuhan Ratu Anda bisa mengikuti Rute Cikarang - Jonggol - Citeurep - Bogor - Ciawi - Cipetir – Pelabuhan Ratu, atau Anda bisa melihat Peta berikut ini sebagai Panduan perjalanan Anda.



    Lihat Pantai Pelabuhan Ratu di peta yang lebih besar

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says