PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: August 26, 2013 / comment : 0

    Pintu Gerbang Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta (gogirlmagz.com)

    Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk merupakan kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan wisata alam dan berpusat pada pengembangan ECOTOURISM. Kami menawarkan pengalaman baru bagi anda yang ingin menikmati keindahan hutan di kota Jakarta. Anda dapat merasakan pengalaman menanam bibit mangrove (bakau) secara langsung disini. Tidak hanya sebagai tempat rekreasi keluarga dan edukasi bagi pelajar sekolah, TWA juga cocok menjadi pilihan bagi instansi yang ingin menggelar acara (ulangtahun perusahaan hingga program CSR). Luas area TWA Angke Kapuk adalah 99,82 Ha yang merupakan tipe lahan basah yang didominasi vegetasi utama mangrove. Kawasan tersebut telah berubah menjadi tambak dan telah direhabilitasi tanaman mangrove 40% tindakan, pelestarian, dan penanaman kembali hutan mangrove.

    Di Jakarta sangat dibutuhkan karena fungsi dan manfaatnya yaitu mencegah intruisi air laut kedaratan dan juga berperan dalam meredam bencana banjir karena 1 gram lumpur mampu menyerap 3 gram air. Terletak di wilayah Kota Madya Jakarta Utara, keberadaan hutan mangrove sebenarnya sangat penting namun mulai menghilang akibat perambahan hutan mangrove, pencemaran air dan abrasi laut.


    Berbagai jenis hutan mangrove yang mendominasi kawasan TWA Angkek Kapuk, antara lain: Api-Api (Avicenea sp.), Bidara (Sonneratia caseolaris), dan Bakau (Rhizopora mucronata & Rhizopora stylosa). Sedangkan jenis fauna yang mendominasi TWA Angke Kapuk adalah Pecuk Ular (Anhinga melanogastera), Kawok Maling (Nycticoraxnycticorak), Kuntul Putih (Egreta sp.), Kuntul Kerbau, dan  lainnya. Jenis reptil dan ikan, antara lain: Ikan Glodok (Glosogobius giuris), Udang Bakau, Kepiting, dan jenis-jenis ular tidak berbisa serta biawak.

    Aktivitas Wisatawan

    1. Konservasi

    Menanam Pohon Mangrove (Bakau)

    Di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, anda dapat merasakan sendiri pengalaman menanam bibit mangrove / bakau.

    Apa keuntungan dari menanam mangrove?

    Pembibitan Mangrove 

    Dengan menanam anda dapat membantu pencegahan abrasi (pengikisan pantai oleh air laut) serta mencegah terjadinya intrusi air laut (merembesnya air laut ke daratan hingga ke sungai). Melestarikan lingkungan merupakan keuntungan lainnya sehingga anda dapat menikmati dan memahami keindahan sebenarnya dari alam. Kegiatan ini juga bisa mengajarkan ke berbagai generasi atas pentingnya lingkungan.

    Dalam ekosistem hutan bakau, mangrove merupakan satu dari beberapa jenis pohon yang merupakan penyusun utama dalam ekosistem tersebut. Dengan menyeimbangkan ekosistem berarti kita juga menjaga kelestarian flora dan fauna yang tinggal didalamnya. Terdapat tiga jenis utama pohon mangrove, yaitu : Api-Api (Avicennia), Bakau (Rhizophora sp.), dan Pidada (Sonneratia acida).

    2. Wisata Hutan


    Bagi anda yang menyukai kegiatan fotografi, Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk dapat dijadikan tujuan pencarian foto (hunting spot) anda.

    Hunting foto yang dilakukan bisa dengan menggunakan model profesional maupun flora dan fauna asli yang eksotis.

    Selain itu, kegiatan foto juga dilakukan untuk melengkapi koleksi prewedding anda.

    3. Wisata Air


    Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk menyediakan fasilitas wisata air yang dapat anda coba. Menikmati pemandangan alam dengan menggunakan perahu kayu maupun perahu karet, semuanya dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Jika anda memilih untuk menggunakan perahu maka pemandu kami akan menunjukkan keindahan alam tropis.


    Dengan menjelajahi TWA melalui jalur air, anda dapat melihat hewan-hewan khas daerah rawa dari dekat. Bagi pecinta fotografi, anda dapat melakukan hunting foto dengan suasana yang jarang ditemukan di kota Jakarta. Bagi anda yang berjiwa petualang, perahu Kano dapat menjadi pilihan anda. Anda dapat menyusuri TWA dengan mengayuh sendiri perahu Kano, sebagai alternatif lainnya anda juga dapat melakukan perlombaan dengan teman maupun keluarga.

    Fasilitas

    1. Kantin

    Kantin 1

    Kantin 2

    2. Masjid

    Masjid 1

    Masjid 2

    Tempat Bermain Anak-Anak (Playing Ground)

    Playing Ground

    Penginapan (Homestay)


    Kegiatan menginap juga dapat dilakukan di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk. Disini tersedia beberapa pilihan tempat menginap yaitu : Camping Ground (permanen & diatas air), Pondok Alam, Honeymooon Cottage, dan Villa.


    Dengan menginap, anda dapat merasakan kondisi alam yang sangat berbeda dengan kondisi hiruk-pikuk perkotaan. Selain itu, anda juga dapat menikmati terbitnya matahari (sunrise) hingga tenggelam (sunset) yang dapat diselingi dengan berbagai kegiatan seperti penanaman mangrove, fotografi, permainan air, dan lainnya.

    Informasi lebih lanjut hubungi 

    Taman Wisata Alam Angke Kapuk
    Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Jakarta Utara
    Kantor: Jl. Loka Indah 4B, Warung Buncit, Jakarta Selatan
    Telp.: +62819 3225 4370, +62815 803 0933
    Fax.: (62) 21 7919 8883

    Sumber: TWA

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says