PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: August 25, 2013 / comment : 0

    Oleh Tri Agus Yogawasista


    Ekowisata Mangrove Bedul Taman Nasional Alas Purwo, terletak di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

    Wisata Mangrove Blok Bedul merupakan Wisata Ekosistem wujud komitmen dan kerjasama antara Pemerintah Desa Sumberasri dan Balai Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) dalam upaya mengembalikan, melindungi, dan mengembangkan Hutan yang utuh berikut semua biota yang ada.

    Sunset di Segoro Anakan

    Kawasan mangrove Blok Bedul berada ditepian segoro anakan sepanjang kurang lebih 16 km, luas hutan mangrove sekitar 2.300 hektar yang berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo dan di Kawasan Perhutani. Adapun jenis mangrove yang terdapat di blok bedul sebanyak 27 jenis.

    Hewan yang terdapat dalam kawasan ini adalah kera, biawak, burung Elang (Elang Jawa dan Elang Laut), burung dara laut, burung blibis, burung bangau, burung migrant dari benua australia, ancel bumi, king fisher, kecuk, kirik-kirik, dan beberapa jenis yang belum teridentifikasi.

    Ikan bedul, yang dijadikank nama salah satu daerah di kawasan Segoro Anakan 

    Tujuan pengembangan wisata mangrove ini adalah untuk memperkaya sumberdaya hutan mangrove dalam kawasan Blok Bedul, dengan melakukan pengamanan kawasan tersebut dari pengrusakan baik oleh manusia maupun factor alam, melakukan penanaman kembali pada kawasan yang membutuhkan rehabilitasi di TNAP, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan.

    Kegiatan Wisatawan

    Menyusuri Segara Anakan dengan perahu Gondang-Gandung

    • Menyusuri segara anakan dengan menggunakan perahu tradisional (Gondang-Gandung). sambil menikmati hutan mangrove yang utuh dan alami, melihat berbagai jenis burung, biawak, kera serta aktifitas masyarakat yang mencari kerang, mancing dan menjaring ikan.
    Wisman mengamati bermacam-macam jenis Mangrove

    • Selain menyusuri segara anakan dengan perahu pengunjung juga diajak turun di area mangrove yang berlumpur untuk mengamati bermacam-macam jenis mangrove yang ada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, kegiatan ini dilakukan setelah makan siang di daerah Kere, dengan kegiatan ini kita tidak hanya rekreasi saja melainkan juga menambah wawasan mengenai Ekosistem Mangrove.
    Pembelian Ikan

    • Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung adalah membeli ikan atau kepiting langsung dengan nelayan di tempat mencari ikan maupun kepiting. Ini salah satu kegiatan yang disenangi pengunjung.
    • Selain itu kita juga bisa hicking di hutan hujan tropis yang berbatasan dengan hutan mangrove, anda dapat menikmati sejuknya udara dan melihat satwa liar yang dilindungi seperti Merak, Kijang, Babi Hutan dan masih banyak lagi.
    Wisman sedang menegakkan Kacang Panjang

    • Ikut bercocok tanam dengan penduduk pemilik penginapan, seperti menanam kancang panjang dan lain sebagainya.
    Wisman sedang menikmati makan siang

    Menikmati makan siang diatas perahu Gondang-gandung yang sedang menyusuri sungai segoro anakan Ekowisata Mangrove Blok Bedul Taman nasional Alas Purwo, menu lalapan ikan laut goreng, sambel, sambal goreng tempe dan teri, terasa lengkap dengan minum degan (kelapa Muda), benar benar pengalaman yang mengasyikkan.

    Penginapan (Homestay)

    Penginapan

    Upaya melibatkan masyarakat sekitar terkait dengan pengembangan dan daya dukung Ekowisata Mangrove Blok Bedul, tidak hanya melibatkan masyarakat untuk terlibat langsung di kawasan Ekowisata Mangrove Blok Bedul saja, melainkan juga dengan mengupayakan masyarakat sekitar hutan untuk terlibat secara tidak langsung. Seperti halnya penyediaan rumah inap (homestay) oleh masyarakat, saat ini telah ada 6 rumah warga yang siap setiap saat menerima tamu yang ingin menginap di Home stay dengan harga yang terjangkau yaitu Rp. 75.000,- per orang per malam dengan fasilitas kamar, snack, kopi pagi dan sarapan.

    Informasi lebih lanjut hubungi 

    Badan Pengelola Wisata Mangrove Blok Bedul Taman Nasional Alas Purwo 
    Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi
    Kantor: Jl. Raya Sumberasri 18, Sumberasri, Banyuwangi
    Nama Kontak: +62 813 5802 6026 (Adi), Eko : +62 813 5842 3654 (Eko)

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says