PESONA WISATA INDONESIA

welcome to our blog



in a way, articles can also be described as a type of adjectives as they also tell us something about the nouns, like adjectives.

Articles are found in many Indo-European, Semitic, and Polynesian languages but formally are absent from some large languages of the world, such as Indonesian, Japanese, Hindi and Russian.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: guru ppkn cerdas Posted date: December 16, 2014 / comment : 0

    Pintu Masuk Benteng Van Der Wijck (https://banyumas87.blogspot.com)

    Benteng Van Der Wijck terletak di Jl. Sapta Marga, Desa Sedayu, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Benteng ini terletak di kota Gombong atau sekitar 21 Km dari kota Kebumen dengan akses jalan menuju lokasi wisata sudah beraspal serta dengan didukung sarana transportasi umum Kebumen-Gombong.

    Benteng Van Der Wijck  (https://kelanakecil.wordpress.com)

    Benteng peninggalan Belanda itu diperkirakan dibangun pada tahun 1818 atas prakarsa Jenderal Van den Bosch. Bentuknya segi delapan yang dibuat dari batu bata memiliki 2 lantai. Di dunia hanya ada dua benteng segi delapan, satunya ada di Australia.

    Benteng Van Der Wijck (https://puputseptiaherawati.blogspot.com)

    Benteng setinggi 10 meter, setebal 1,4 meter, dan seluas 7.168 meter persegi itu dibangun dua lantai. Lantai pertama mempunyai empat pintu gerbang. Di dalamnya terdapat 16 ruangan besar dan 27 ruangan kecil. Juga ada 72 jendela dan delapan tangga untuk menuju lantai dua, yang memiliki 16 ruangan besar dan 25 ruangan besar.

    Van Der Wijck dibangun saat perang Diponegoro dengan cara kerja paksa, ada kaitannya dengan politik benteng stelsel, yang digunakan Belanda untuk mempersempit gerak pasukan Pangeran Diponegoro.


    Selain sebagai markas pertahanan Belanda, benteng itu digunakan Belanda untuk pendidikan militer. Mantan Presiden Soeharto, saat masuk KNIL atau het Koninklijke Nederlands Indische Leger, juga dilatih di situ. Saat Jepang masuk, benteng ini untuk melatih PETA. Setelah Belanda meninggalkan Indonesia, pada 1948 sampai sekarang TNI AD memanfaatkan benteng ini menjadi sekolah Tamtama (Secata).

    Di lantai satu ada ruangan yang khusus berisi foto-foto benteng jaman dulu, sebelum dipugar, dan sesudah dipugar, photo para jenderal, ruangan yang disusun serta photo-photo artis yang pernah shooting film seperti Slank, Farah Quinn hingga film The Raid 2 Berandal.

    Film The Raid 2 Berandal lokasi syuting di Benteng Van Der Wijck (https://sidomi.com)

    Informasi lebih lanjut hubungi

    Benteng Van Der Wijck
    Jl. Sapta Marga, Desa Sedayu, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
    Telp.: +62 287 473 460
    Fax.: +62 287-471 861
    Website : www.pariwisata.go.id
    Email : parsenibud@kebumen.go.id
    Jam Buka: Setiap hari jam 08.00 – 16.00

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says